Vitamin Unggas Terbaik Cocok Untuk Ayam Maupun Bebek 2020

Vitamin Unggas Terbaik Cocok untuk Ayam Maupun Bebek

Vitamin sebagai senyawa organik ini diperlukan dalam jumlah kecil untuk menjaga fungsi pada metabolisme tubuh, sehingga pemberian vitamin unggas sangatlah penting dalam menjaga nutrisi mikro.

Peranan penting didalam penggunaan vitamin terhadap unggas dapat dilihat dari fungsinya, karena jika unggas tidak diberikan vitamin akan berpengaruh pada metabolisme nutrisi makro jadi terhambat.

Metabolisme yang terhambat akan menyebabkan pertumbuhan pada unggas tidak optimal, maka dalam pembentukan energi untuk beraktivitas terbatas dan regenerasi sel-sel yang rusak juga tidak terjadi.

Berikut penjelasan lebih dalam mengenai kedua kategori vitamin unggas dibawah ini, karena pada Vitamin C saja tidak akan bisa diserap oleh tubuh unggas sebelum dilarutkan didalam air.

2 Jenis Vitamin Unggas

Vitamin pada dunia unggas dibagi menjadi dua macam, yaitu vitamin yang akan larut didalam lemak ( vitamin A, D, E, K) dan vitamin yang larut didalam air seperti Vitamin B1, B2, B6, B12, Asam nikotinat, Asam pantotenat, Asam folat dan lainnya.

Vitamin Larut Didalam Lemak

Penggunaan vitamin pada unggas memang sedikit tapi didalam penggunaannya memiliki pengaruh yang cukup besar pada tubuhnya dan berikut ini jenis vitamin larut didalam lemak, yaitu:

Vitamin A

Vitamin A pada unggas memiliki peran penting terutama bagi itik muda yang berperan penting dalam masa pertumbuhannya dan perkembangan sel, yang berasal dari hijauan kering, jagung kuning serta wortel.

Itik yang masih muda jika kelebihan vitamin A akan mempercepat dalam pertumbuhan tulang, tapi jika kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan terjadinya ataxia dan patologi.

Vitamin D

Vitamin D yang berperan dalam memperkuat tulang, karena berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan menjadi salah satu vitamin yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Penggunaan vitamin unggas dari vitamin D ini berasal dari cahaya matahari dipagi hari, sehingga peternak menjemur unggas nya dipagi hari akan membantu unggas dalam memproduksi vitamin D.

Baca Juga : Apa Itu bebek karkas ?? Yu Simak penjelasannya

Vitamin E

Fungsi dari vitamin unggas ini yang akan menjadi antioksida untuk melindungi sel dari kerusakan, lalu juga berperan penting dalam meningkatkan produksi pada unggas petelur khususnya.

Sumber dari vitamin E untuk unggas berasal dari lemak atau minyak hewani serta terdapat juga pada jenis kacang-kacangan, kedelai, gandum, telur dan kolostrum susu sapi.

Vitamin K

Vitamin K dalam unggas berfungsi untuk pembekuan dan pembentukan protrombin didalam darah serta juga Tromboplastin jaringan, lalu dalam penggunaan vitamin unggas ini jangan berlebihan.

Sumber dari vitamin K yang paling tinggi untuk unggas cukup banyak berasal dari pakan hijauan, tidak hanya itu bisa juga terdapat dari tepung ikan yang digunakan untuk campuran dalam ransum pakan.

Vitamin Larut Didalam Air

Kategori dari vitamin satu ini adalah vitamin yang dapat larut didalam air, maka vitamin unggas ini tidak bisa diserap oleh tubuh sebelum larut didalam air dan berikut vitamin-vitamin nya antara lain:

Vitamin B1 (Thiamin)

Fungsi utama dari vitamin B1 adalah membantu proses metabolisme karbohidrat dan protein untuk urat syaraf sebagai anti-radang, sehingga biasanya disebut dengan nama Thiamin atau Aneurin.

Sumber dari vitamin unggas ini, yaitu tepung alfalfa, biji gandum, bungkil kelapa, jagung kuning, bungkil biji kapuk, bungkil kacang tanah, dedak padi, bungkil kedelai dan bungkil biji bunga matahari.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 atau biasanya disebut Riboflavin yang memiliki fungsi penting dalam metabolisme karbohidrat, asam amino, asam lemak, dan juga proses aksidasi-reduksi dalam pembentukan jaringan didalam tubuh unggas.

Pakan yang bisa diberikan para peternak dapat menghasilkan vitamin B2 adalah putih telur, tepung daging, tepung ikan, dan jenis bungkil dari kacang-kacangan.

Vitamin B3 (Nicotinamide)

Vitamin B3 jenis vitamin yang berperan dalam membantu kerja metabolisme karbohidrat , asam amino yang dibentuk secara dalam dari asam amino triptophan, dan juga asam lemak.

Gejala utama kekurangan vitamin pada unggas akan terjadi pembesaran di persendian tumit dan pembengkokan kaki, maka ketahui pakan yang menjadi sumber vitamin B3 adalah jagung serta bungkil dari biji-bijian.

Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5 ini biasanya disebut dengan Asam Pantotenat yang berperan dalam koenzim A yang membantu metabolisme karbohidrat, selain itu juga berperan untuk membawa molekul.

Molekul tersebut dibawa untuk proses pemecahan glukosa dan asam lemak, lalu pakan yang menjadi sumber vitamin B5 ini berasal dari bungkil biji-bijian dan juga ragi.

Vitamin B9 (Asam Folat)

Senyawa asam folat ini cukup terbesar didalam alam maupun tumbuhan dan juga mikroorganisme, maka penggunaan vitamin B9 cukup berbahaya jika digunakan pada anakan unggas yang berasal dari biji gandum.

Penggunaan pada anakan unggas akan menyebabkan anemia makrositik cukup hebat, sehingga akan mengakibatkan masalah dalam pertumbuhannya yang menurun.

Vitamin B12

Cyanocobalamin pada vitamin B12 memiliki fungsi metabolisme karbohidrat serta juga berperan sebagai pembentukan sel darah merah, selain itu dapat membantu akumulasi jaringan terutama pada hati, ginjal dan lainnnya.

Sumber vitamin unggas pada dunia peternakan dapat ditemukan dalam produk-produk hewan, sumber ransum ternak dan bisanya juga terdapat dijaringan organ.

Merk Vitamin Unggas Terbaik

Para peternak harus mengetahui beberapa vitamin unggas terbaik, karena pemberian vitamin memiliki peran yang penting dalam antibiotik tubuh unggas dan berikut beberapa merk vitamin antara lain:

Vitachick & Vitastress

Vitamin Unggas bebek vitachick

Vitamin unggas ini merk Vitachick dan Vitastress dari Medion menjadi salah satu vitamin yang berperan sebagai antibiotik, mengurangi jumlah unggas mati dan bisa mencegah terjadinya kekurangan vitamin.

Baca Juga : Pakan bebek peking terbaik untuk pertumbuhan

Vitachick dan vitastress ini berupa serbuk, sehingga dalam penggunaannya bisa dicampurkan kedalam air minum dengan takaran yang pas serta juga bisa digunakan untuk unggas anakan ataupun dewasa.

Neobro (Vitamin Penggemuk)

Vitamin unggas neo bro penggemuk

Merk vitamin unggas Neobro ini jenis vitamin yang dapat membantu dalam proses mempercepat penambahan bobotnya, makan bobotnya akan sesuai target dalam waktu yang singkat untuk unggas pedaging.

Neobro bisa diberikan dengan takaran satu gram untuk dua liter air minum, lalu juga dapat digunakan sebagai campuran pakan unggas dengan 1 kg pakan maka campurkan 1 gram Neobro untuk menjelang panen.

Egg Stimulant (Vitamin Unggas Petelur)

Egg Stimulant

Egg Stimulant adalah vitamin unggas petelur yang berfungsi untuk mempercepat unggas dalam bertelur, sehingga penggunaan vitamin ini sangat cocok bagi peternak yang beternak unggas petelur.

Penggunaan vitamin Egg Stimulan untuk unggas petelur agar dapat menghasilkan telur dengan jumlah banyak dan vitamin ini berbentuk serbuk, maka penggunaannya cukup dicampurkan kedalam air minum.

SOLVIT (Asam Amino Plus Multivitamin Cair)

Jenis vitamin yang biasanya digunakan untuk memperbaiki dalam produksi telur ayam layer, selain itu pemberian vitamin Solvit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada ayam pas vaksinasi.

Kandungan pada Solvit lengkap dengan vitamin A, D3, E, K3, B1, B6, C, Folic acid, dan Calcium pantothenate yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan serta dalam produksi telur.

Rooster Plus (Digunakan untuk Ayam Sakit)

Vitamin unggas yang digunakan untuk membantu dalam mengobati berbagai macam penyakit yang sedang menyerang ayam, lalu vitamin tersebut serbuk dengan neto beragam.

Penggunaan vitamin Rooster Plus pada ayam, yaitu dengan dosis dua sachet untuk satu hari serta dicampurkan kedalam air hangat per empat gelas dan berikan pada ayam yang sedang sakit.

Viterna Plus(Vitamin Ternak)

Jenis vitamin yang berasal dari bahan-bahan alami (hewan dan tumbuhan) diolah menjadi suplemen organik, maka zat-zat yang dibutuhkan hewan ternak dapat terpenuhi.

Viterna plus menggunakan teknologi asam amino yang dapat memacu enzim-enzim pencernaan ternak, lalu mengandung berbagai macam nutrisi alami yang dapat meningkatkan pertumbuhan ternak.

Kesimpulan

Itulah merk untuk vitamin unggas yang memiliki kebutuhan masing-masing ternak akan berbeda tergantung pada jenis ternak, selain itu juga usia serta bobotnya dapat membedakan susunan dalam komposisinya.

Para peternak harus selalu memenuhi nutrisi-nutrisinya, selain pemberian pakan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya dan para peternak juga harus memberikan suplemen vitamin unggas.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *