Tips Ternak Bebek Hibrida Pedaging Hingga Sukses 2020

Tips Ternak Bebek Hibrida Pedaging Hingga Sukses

Bebek hibrida pedaging salah satu bebek yang sangat bagus untuk dijadikan lahan bisnis karena masa pertumbuhan bobotnya yang cukup tinggi, berbeda dengan bebek petelur.

Nah bila mana anda tidak mengetahui silsilah bebek hibrida, bebek tersebut merupakan hasil perkawinan antara bebek alabio dari kalimantan dengan bebek mojosari yang berasal dari mojokerto.

Keunggulan bebek hidrida itu tahan terharap stress dan masa produksi telurnya juga cukup tinggi karena hasil perkawinan dari bebek mojosari.

Kelebihan bebek hibrida juga terhadap lingkungan sangat baik karena mampu beradaptasi dengan baik dan cocok untuk anda yang pemula untuk melakukan budidaya bebek hibrida.

Tips Sukses Budidaya Bebek Hibrida

budidaya bebek hibrida

Ada beberapa yang harus anda pelajari guna untuk kenyamanan bebek tersebut. Tentunya dalam memilih dod yang bagus juga menjadi salah satu pekerjaan yang paling awal.

Pilih Bibit Bebek Berkualitas Tinggi

bibit bebek hibrida

Untuk menghasilkan panen di umur 30 hari dibutuhkan bibit bebek yang bagus. Tanda-tanda bebek yang bagus antara lain :

  • Kaki kokoh
  • Bulu Cerah dan kering
  • Mata bersinar
  • Lincah
  • Tegap
  • Gagah
  • Tidak ada yang cacat
  • Nafsu makan tinggi

Ciri Khas Bebek Hibrida Berbeda Dengan Bebek lain

Berbek hibrida memiliki bulu yang cenderung ke hitaman di bagian bawah perutnya memiliki warna putih. Sebenarnya untuk masalah warna tidak ada patokannya dari indukan yang menyilang.

Baca Juga : Bisnis Bebek Peking

Jika anda perhatikan bebek hibrida memiliki paruh yang hitam dengan ukurannya cukup besar menyerupai bebek peking pedaging

Pada bagian leher juga memiliki bintik-bintik putih hingga bagian perut, untuk kakinya jauh lebih pendek dibandingkan bebek lain dan tentunya sayap lebih panjang dibandingkan bebek lainnya.

Pilih Pakan Protein Sesuai

pakan bebek hibrida

Ada beberapa rekomendasi tentang pakan anda bisa mempelajari lebih jauhnya nanti.

Pakan Bebek Hibrida Pedaging Starter

Lemak5%
Serat Kasar4%
Abu6.5%
Kalsium0.9%
Phospor0.7%
Energi Metabolisme3.000 kkal/Kg
kalkulasi diatas terdiri dari protein 20-22%

Pakan Bebek Pedaging Hibrida Grower

Lemak4%
Serat Kasar7%
Abu6.2%
Kalsium0.8%
Phospor0.7%
Energi Metabolisme2.800 kkal/Kg
kalkulasi diatas terdiri dari protein 14 – 15%

Pakan Bebek Finisher Hibrida

Lemak5%
Serat Kasar7%
Abu6.2%
Kalsium0.8%
Phospor0.5%
Energi Metabolisme2.900 kkal/Kg
kalkulasi diatas terdiri dari protein 17 – 18%

Kandang Bebek Pedaging Hibrida

kandang bebek hibrida

Setelah anda mempelajari tentang pemilihan bibit bebek, sudah pasti point penting selanjutnya adalah bagian kandang. Untuk kandang sendiri banyaknya ada 4 jenis seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya kandang bebek.

  • Kandang Panggung / Cape
  • Kandang Postal
  • Kandang Baterai
  • Kandang Ren ( Setengah Terbuka )

Kandang bebek bibit atau dod diusahakan harus cukup hangat, tidak lembab dan tidak juga basah serta tidak adanya angin yang kencang. Bibit bebek sangat rentan terhadap kematian sehingga anda harus menjaganya benar-benar.

Penyakit Bebek Pedaging Hibrida

Bebek hibrida salah satu kategori termasuk unggas yang memang lebih kuat terhadap penyakit jika dibandingkan unggas lain seperti ayam.

Akan tetapi bukan berarti penangannya ala kadarnya saja, tetap harus di perhatikan seperti memberikan vitamin dan vaksin agar bebek tidak terkena penyakit berbahaya yang mengakibatkan kematian.

Tips Mencegah Bebek Mengalami Penyakit

Anda bisa melakukan beberapa hal harus dilakukan agar pertumbuhan bebek optimal antara lain :

Kebersihan Kandang

Dalam hal management kandang harus bersih dan tidak lembab bertujuan agar bebek tidak mudah terserang penyakit. Bila mana hujan dan bocor dan sangat basah bisa saja bebek mengalami lumpuh dan kematian.

Kandang harus memiliki ventilasi udara yang baik agar memberikan suasana yang tidak pengap dan terlalu panas di siang hari.

Vaksin

Vaksin sangat penting untuk ternak unggas dimana untuk daya tahan tubuh dan terhindari dari penyakit yang berbahaya. Bila mana tidak menggunakan vaksin dikhawatirkan akan mengalami kematian hingga 25%

Vitamin

Ada beberapa merk vitamin terbaik untuk unggas misalkan vitabro maupun vitachick keduanya bagus dan tentu harus diberikan sesuai dosisnya.

Kesimpulan

Membudidaya bebek pedaging hibrida tidaklah sulit akan tetapi tidak juga mudah. Butuh pembelajaran yang lebih seperti management kandang, pakan dan memelihara agar waktu panen yang ditentukan maksimal.

Untuk kandang sendiri harus benar-benar bisa di analisa dengan baik karena kesehatan dan masa panen terbesar berada di kandang bila mana installasi buruk sudah tentu akan menghadapi masalah yang cukup besar.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *