Tips Mudah Masak Bebek Tanpa Bau Amis Jamin Berhasil 2020

Tips Mudah Masak Bebek Tanpa Bau Amis Jamin Berhasil

Bebek memang olahan makanan paling favorit saat makan di restoran, sehingga bisa juga menjadi masakan sehari-hari tapi kadang tidak mengetahui tips masak bebek tanpa bau amis.

Pengolahan bebek diresto pasti akan memiliki rasa enak, tekstur dagingnya juga akan terasa empuk dan beraroma mantap yang membuat bau amis pada bebek tersebut menghilang.

Para penggemar daging bebek pasti akan mencari tahu tips memasak bebek tanpa bau amis, nah untuk menghemat budget para penggemar kuliner bebek juga bisa membuatnya dirumah loh.

Daging bebek memang memiliki bau amis yang sangat menyengat dibandingkan daging pada jenis unggas lainnya, sehingga pengolahannya membutuhkan teknis khusus.

Tips masak bebek tanpa bau amis yang sangat menyengat serta akan membuat dagingnya terasa empuk, maka para penggemar olahan bebek harus mengetahuinya.

Olahan daging bebek memang membutuhkan teknis khusus agar bau amisnya menghilang, sehingga diperlukan beberapa langkah dalam pengolahanya mari simak pejelasan dibawah!

6 Cara Mengolah Bebek Tanpa Bau Amis

Tips masak bebek tanpa bau amis yang akan menjadi pengolahan membutuhkan teknis khusus dan beberapa langkah, agar daging terasa empuk dan beraroma lezat.

Tata cara mengolah bebek tanpa bau amis memang susah-susah gampang, karena membutuhkan waktu lebih lama dalam memasak dan berikut langkah-langkahnya:

Pilihlah Bebek Muda dan Segar

Bebek Hibrida Segar Potong

Kesegaran pada daging bebek akan menentukan kualitas rasa loh, maka dalam memilihnya harus dipastikan bahwa bebek tersebut baru disembelih.

Bebek yang baru disembelih atau segar akan menentukan tekstur pada dagingnya, sehingga jangan terlalu lama membiarkan daging bebek didalam suhu ruangan.

Usia pada bebek tersebut juga akan menentukan tekstur dagingnya, sehingga pilihlah bebek yang berusia sedang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua.

Cara memilih daging bebek yang masih segar untuk pemula, yaitu daging bebek segar akan berwarna putih, kaki pada bebek masih lentur dan bagian dadanya berisi.

Pemilihan bebek muda serta segar akan menjadi salah satu tips masak bebek tanpa bau amis, maka hindari bebek yang bagian dagingnya terlihat menyusut.

Perhatikan Jeroan dan Brutunya

Ati ampela bebek hibrida

Pengolahan bebek agar memiliki rasa enak dan tidak bau amis, maka perhatikan jeroan dan brutunya lebih baik dipisahkan terlebih dahulu sebelum mengolahnya.

Jerong dan brutu pada bebek akan menjadi sumber utama munculnya aroma anyir ataupun bau amis, sehingga dalam pengolahannya harus diperhatikan.

Kandungan minyak yang cukup banyak pada bagian brutu atau pantat bebek yang akan membuatnya beraroma tidak sedap, maka potong terlebih dahulu bagian pantat.

Bebek memiliki kulit lebih keras daripada unggas lainnya, karena memiliki lapisan kulit ari berwarna kekuningan cara membersihkannya dengan menggunakan garam kasar.

Cara menghilangkan lapisan kulit ari, yaitu dengan cara melumuri seluruh tubuh bebek menggunakan garam dan gosok permukaan tersebut hingga terangkat.

Kulit ari sudah terangkat, lalu bilaslah dengan menggunakan air mengalir hingga bersih yang akan menjadi tips masak bebek tanpa bau amis.

Gunakan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis Untuk menghilangkan bau amis pada bebek
lime

Air perasan jeruk nipis menjadi solusi untuk mengatasi bau amis dari berbagai macam benda, bahkan dalam menghilangkan bau amis pada semua jenis daging terutama bebek.

Baca Juga : Resep Bebek Yang Wajib Di Coba

Daging bebek yang dilumuri air perasan jeruk nipis akan menjadi salah satu dari tips masak bebek tanpa bau amis, yaitu dengan cara melumuri serta memijatnya.

Pengolahan daging bebek yang dilumuri air perasan jeruk nipis akan menjadi tahap pertama sebelum mengolahnya, karena harus didiamkan sekitar 30 menit.

Rasa asam pada jeruk nipis yang akan membantu menghilangkan aroma bau amis, bahkan membuat tekstur daging bebek menjadi lebih lunak dengan cara memijat daging tersebut.

Bersihkan Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya untuk membersihkan bebek agar terhindar dari bau amis

Daun pepaya dapat menetralkan bau amis pada daging khususnya daging bebek, yaitu dengan cara mencucinya menggunakan daun pepaya setelah didiamkan dengan perasan air jeruk nipis.

Penggunaan daun pepaya untuk daging bebek selain menghilangkan bau amis bisa juga membuat tekstur daging menjadi lebih empuk, karena mengandung Zat Papain.

Zat Papain pada daun pepaya lah yang mampu membuat selaga jenis daging menjadi empuk, yaitu dengan cara meremas terlebih dahulu daun tersebut hingga getahnya keluar.

Getah daun pepaya adalah sumber zat papain, maka dalam pengempukan daging bebek bisa dengan membungkus daging menggunakan getah tersebut dan diamkan sekitar 30 menit.

Penyerapan bau pada daging bebek dengan menggunakan daun pepaya sudah terbukti selama puluhan tahun, sehingga daun pepaya masuk kedalam tips masak bebek tanpa bau amis.

Masaklah Menggunakan Bumbu yang Banyak

Rempah rempah bumbu agar masak bebek tanpa bau amis

Penggunaan bumbu yang cukup banyak dalam pengolahan daging bebek dapat membuat aroma bau amisnya hilang, selain itu juga dapat menambah cita rasa loh.

Rempah-rempah yang cukup banyak dalam memasak daging bebek akan membuat aromanya lebih menggugah seperti lengkuas, kunyit, daun salam, serai, dan jahe.

Jahe salah satu rempah yang dapat mengatasi berbagai macam aroma tidak sedap pada semua daging khususnya bebek, sehingga langkah ini masuk kedalam tips masak bebek tanpa bau amis.

Gorenglah Bebek dengan Minyak Banyak

Menggoreng bebek agar memiliki rasa renyah serta gurih tidak boleh sembarangan, maka gunakanlah minyak yang sangat banyak pada wajan cengkung.

Cara memanaskan minyak tersebut harus menggunakan api sedang, lalu pastikan terlebih dahulu tingkat kepanasan nya sebelum memasukkan daging bebek.

Goreng lah daging bebek sampai permukaannya berubah warna saja, karena menggoreng terlalu lama akan membuat tekstur daging bebek menjadi alot serta keras.

Kesimpulan

Memasak daging bebek bukanlah hal mudah memang, karena membutuhkan waktu lebih lama serta cara khusus agar hilangnya bau amis pada daging tersebut.

Pengolahan yang tepat pada daging bebek akan menghasilkan masakan dengan rasa lebih khas, bahkan dengan daging bertekstur empuk dapat menggugah selera loh.

Tips-tips diatas tersebut menjadi langkah-langkah dalam pengolahan bebek yang bercita rasa enak, maka jangan khawatir tips diatas menjadi tips masak bebek tanpa bau amis.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *