Tips Memilih Kandang Bebek Peking Yang Bagus

Sebelum budidaya bebek pedaging peking ini, anda harus sudah menentukan lahan dan tentunya sebuah kandang bebek. Ada beberapa jenis kandang bebek peking yang akan kita bahas tentunya ada kelebihan dan kelemahannya.

Karena masa panen bebek pedaging peking ini cukup cepat rata-rata 40-45 hari sudah panen sudah tentu tidak terlalu merugikan untuk memilih budidaya bebek hidrida ini yang terpenting kandang harus terbaik.

Ada beberapa kandang bebek untuk di budidaya bagaimana situasi berapa banyak bebek dalam satu kandang tersebut kita pelajari untuk faktor luas tanah misalkan saja 100 bebek membutuhkan 3 x 3 meter artinya 9 meter persegi.

6 Hal Utama Yang Harus Di Perhatikan Untuk Kandang Unggas Peking

Kenyamanan Kandang

Kenyamanan kandang salah satu hal yang sangat penting karena sirkulasi udara dan kondisinya harus sangat di perhatikan demi terjaganya kesehatan bebek pedaging.

Kandang jangan terlalu sempit, sehingga bebek dengan leluasa untuk bergerak, jangan sampai lembab apa lagi mengalami bocor di saat musim hujan. Hal ini berdampak banyaknya penyakit yang bisa menyebabkan bebek mengalamai kematian.

Suhu Ruang Kandang

Bagusnya suhu di dalam kandang itu sekitar 27 – 30 derajat celcius. Dengan begitu anda bisa mengecek suhu yang bagus bagaimana menggunakan alat digital suhu sehingga bisa menyesuaikan suhu yang di rekomendasikan.

Ruang Gerak

Salah satu kenyamanan kandang adalah ruang gerak. Anda harus memperhitungkan luas bangunan serta jumlah unggas untuk tidak terlalu banyak sehingga bebek bisa berjalan kesana kemari dengan nyaman.

Penerangan Kandang

Salah satunya adalah penerangan cahaya di dalam kandang. Hal ini juga bisa kaitkan dengan naiknya suhu dengan lampu kuning atau lampu pemanas lebih di rekomendasikan.

Baca Juga : Jenis Bebek Petelur

Ketinggian Kandang

Jangan sesekali menggunakan kandang yang terlalu tinggi, juga jangan terlalu pendek. Idealnya menggunakan kandang sekitar 2 – 3 meter tujuannya untuk mempermudah pemberian pakan.

Kebersihan Kandang

Kenyamanan di dalam kandang juga sebagian faktor dari kebersihannya harus dijaga dan memang harus di bersihkan secara rutin.

Mungkin solusinya untuk membersihkannya adalah setiap habis panen dibersihkan kotorannya sebelum masuk yang baru sehingga bebas dari penyakit dan menghindari kematian terparah.

4 Jenis Model Kandang Bebek Pedaging Peking

Ada beberapa jenis kandang bebek yang rata-rata berbentuk Ranch maupun Postal akan tetapi jarang peternak di indonesia ini menggunakan kandang bebek jenis baterai.

Kandang Ranch

Kandang Ranch

Kandang bebek ranch bisa disebut juga kandang umbaran karena memiliki saluran air untuk air minum maupun tempat bebek untuk membersihkan dirinya dan memiliki fasilitas tempat membersihkan diri di tengah terik matahari.

Banyak juga peternak menggunakan jenis kandang ranch karena bebek bisa bermain dan harus memiliki lahan yang cukup luas. Akan tetapi, bila mana anda tidak memiliki lahan yang cukup luas, kandang ranch kurang rekomended untuk digunakan.

Kandang Box DOD

Bila anda ingin bebek yang baru datang ( DOD ) di tempatkan khusus maka sudah dipastikan memiliki kandang DOD dimana umur maksimalnya hanya 1bulan langsung harus sudah dipindahkan ke kandang postal maupun ren.

Kandang bebek peking yang baru lahir di khususkan untuk menggunakan Box karena lebih aman dari hewan dan lebih hangat.

Kandang jenis boks init erbuat dari berbagai jenis bahan seperti tripleks, kayu, papan dan kawat dan untuk ukuran gimana alokasi bebek dod itu sendiri.

Biasanya membuat kandang dod rata-rata dibuat sekitar 50 ekor /m persegi sehingga memiliki udara yang lancar dan ventilasi yang baik.

Kandang Postal

Kandang Postal

Kandang postal di khususkan untuk bebek grower dan starter dimana tempat air minum dan makanan tersedia di dalam kandang. Sehingga bila menggunakan kandang tersebut, seluruh aktifitas bebek ada di dalam kandang.

Kandang postal juga memiliki 2 jenis berbeda seperti postal litter dan postal panggung, jadi anda juga harus mempelajarinya agar tidak salah memilih.

Kandang Postal Litter

Kandang bebek peking ini memiliki lebar sekitar 6 – 8 meter dengan ketinggian 2 -3 meter. Hal ini di rencanakan untuk sirkulasi kandang menjadi bagus sehingga sejuk dan ayam tidak akan pemanasan.

Bila ayam kepanasan akan menyebabkkan lemah dan mudah sekalit terserang penyakit dan tentunya bisa menyebabkan kematian.

Untuk luasnya sebuah kandang postal litter ini tergantung dari berapa jumlah yang ingin dibudidaya misalkan saja 500 ekor membutuhkan luas sekitar 50 meter persegi dengan lebar kandang 6 m dan panjang 8,5 meter.

Kandang Postal Panggung

Kandang bebek peking bentuk postal panggung bisa disebut jugas ebagai kandang slat yang memiliki lantai berlubang di bagian bawah. Selain itu, memiliki tempat untuk menampung kotoran unggas dimana unggas tidak akan tersentuh oleh kotorannya.

Nah rata-rata postal panggung ini memiliki ukuran panjang 50 – 1– m dengan lebar sekitar 7 – 10 meter.

Kandang Baterai

Kandang Baterai bebek

Kandang bebek jenis baterai ini di khususkan untuk bebek petelur bebek lokal maupun bebek pedaging karena memiliki ukuran kandang 50 x 50 x 45 cm.

Kandang tersebut dibuat oleh bilah-bilah bantu atau rangka yang terbuat dari kawat. Kelemahan kandang bebek baterai ini memiliki biaya investasi yang lebih mahal dibandingkan jenis kandang lainnya.

Kesimpulan

Memilih kandang bebek untuk budidaya memang pilihan yang sulit, terutama yang memiliki lahan yang sempit harus memikirkan matang-matang tentang installasi airnya.

Saya juga salah satu peternak yang cukup gagal diawal karena masalah pada kandang tentunya saya menggunakan sistem kandang postal. Dan karena sudah berjalan menemukan beberapa solusi untuk memperbaikinya.

You May Also Like

About the Author: haris