Tepung Ikan, Pakan Protein Untuk Menambah Bobot Bebek 2021

Tepung Ikan, Pakan Protein Untuk Menambah Bobot Bebek

Pada dunia peternakan bahan pakan sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas ternak dengan sumber utamanya protein hewani, oleh karena itu kadang para peternak akan bertumpu pada tepung ikan salah satunya yang dapat memenuhi kebutuhan pakan dengan protein tepung ikan.

Tepung ikan berasal dari berbagai jenis ikan di laut yang sudah melewati metode pengeringan dengan oven , lalu ikan-ikan tersebut dihaluskan hingga benar-benar halus dan menjadi berupa tepung yang memiliki kandungan protein tinggi serta sangat baik jika diberikan ternak sebagai bahan pakan campuran.

Sumber protein hewani yang cukup tinggi dan memiliki kandungan mineral-mineral yang dibutuhkan dalam racikan pakan ternak, maka kandungan protein yang tinggi tersusun oleh asam amino esensial lengkap (Iyisin dan Methionin) membuat penggunaannya sangat bermanfaat dan berikut penjelasan tentang protein pakan bebek!

Mutu Protein Tepung Ikan

Protein Tepung Ikan

Mutu pakan lebih optimal menggunakan tepung ikan dengan kadar protein tinggi berfungsi sebagai komposisi kunci pembuatan pakan ternak yang berkualitas, karena kaya akan asam lemak DHA dan EPA yang akan membantu pertumbuhan ternak.

Penggunaan tepung ikan yang mengandung protein tinggi membuatnya lebih mudah dipadukan dengan bahan pakan lain, nah jika ingin meningkatkan pertumbuhan ternak bisa dicampurkan dengan bahan pakan yang mengandung protein tinggi seperti jagung atau bekatul.

Kualitas tepung ikan akan berdampak pada hewan yang memakannya, karena pengolahan tepung ikan memiliki efek besar ataupun kecil dan di klarifikasi oleh The International of Fish Manufacture dalam 4 kriteria antara lain:

  • Memiliki kandungan protein cukup tinggi yang dapat disimpan sekitar 680g/kg lebih dengan kandungan minyak kurang dari 90g/kg.
  • Dapat menyimpan kandungan protein secara reguler dengan kisaran 640 hingga 679/kg serta kandungan minyak total 130g/kg.
  • Protein reguler tepung ikan dengan kandungan minyak cukup rendah yang berjumlah antara 640-679/kg protein dan kandungan minyak sekitar 60g/kg.
  • Kandungan Protein yang standar mengandung 600 hingga 639g/kg protein.

Penggunaan protein tepung ikan memiliki kategori lainnya yang bisa digunakan dalam tolak ukur kualitas yaitu Efisiensi protein, keseimbangan Nitrogen, Disegebilitas protein, Metionin, lysin dan kandungan Sulfoksida.

Penggunaan Tepung Ikan Sebagai Nutrisi Pelengkap

Penggunaan tepung ikan sebagai nutrisi pelengkap yang mengandung nutrisi serta energi yang dapat memenuhi kebutuhan ternak, lalu bahan pakan tersebut dapat diperoleh dai bahan-bahan yang mengandung protein tinggi untuk membantu masa pertumbuhan ternak.

Tepung ikan pada bahan pakan ternak bertugas sebagai olahan makanan yang dapat menunjang pertumbuhan hewan ternak , nah khususnya untuk unggas petelur yang akan membuat produksi telurnya unggul dengan menggunakan olahan pakan dari protein.

Baca Juga :

Analisa Bisnis Bebek Hibrida

Cara Membuat Racikan Pakan Bebek Yang Berkualitas

Kegunaan tepung ikan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan protein pada ternak, nah dengan kandungan minyak yang terkandung didalamnya dapat membantu pemulihan jaringan beserta memperbaiki sel yang rusak dan memperbaiki kualitas hewan ternak itu sendiri.

Kandungan Nutrisi

Kandungan nutrisi dari penjelasan sebelumnya memang sebagai sumber protein tepung ikan, sehingga dalam penggunaannya sebagai nutrisi pelengkap dan berikut kandungan nutrisi lainnya yaitu:

  • Protein : 66,02%
  • Lemak : 10,82%
  • Abu : 21,82%
  • Asam amino : 3,44%
  • Sistin : 0,49%
  • Histidin : 1,42%
  • Isoleusin : 2,64%
  • Leusin : 3,25%
  • Lisin : 4,8%
  • Methionin : 1,63%
  • Fenilalanin :2,50%
  • Threonin : 2,91%
  • Triptofan : 0,84%
  • Tirosin : 1,89%
  • Valin : 3,1%

Peran Protein Bagi Ternak

Pakan yang berkualitas adalah pakan yang mengandung protein dengan jumlah cukup, karena protein memiliki peranan penting dalam sama pertumbuhan ataupun perkembangan yang khusus untuk ternak dan berikut beberapa peranan ptotein yaitu:

  • Berfungsi untuk memperbaiki dan mengganti sel tubuh ternak yang rusak, terutama untuk umur ternak yang sudah tua atau lanjut usia.
  • Protein berperan sebagai zat penting dalam membantu pertumbuhan atau pembentukan sel-sel tubuh, khususnya untuk ternak yang masih muda.
  • Berperan dalam mendukung keperluan berproduksi, terutama untuk ternak-ternak yang produktif.
  • Asupan protein pada ternak akan diubah menjadi energi, khususnya untuk ternak pekerja contohnya sapi.

Hasil produk akhir biasanya menyimpan protein sekitar 55% dan kurang dari 4% kandungan garam, maka penggunaan tepung ikan untuk campuran bahan pakan lain sangatlah peting kebutuhan nutrisi pakan terpenuhi dengan protein tepung ikan.

Proses Pencernaan dan Penyerapan Protein

Proses pencernaan dan penyerapan protein yang diawali oleh asam amino kedalam usus halus, selain itu juga asam amino berasal dari protein mikroba yang disintesis didalam rumen untuk ternak Ruminansia dan juga dari protein pakan yang tidak terdegradasi dalam rumen.

Pada ternak unggas protein disusun dari 20 asam amino kompleks dan yang membedakan terdapat pada susunan asam amino dalam membentuk protein yang berfungsi untuk membentuk bagian-bagian penting dari tubuh hewan, misalnya jaringan lunak, otot, jarinan ikat, kolagen, kulit, rambut, kuku, bulu, dan paruh.

Proses penyerapan asam amino dari mikroba dapat mencapai 40-80% dari semua pasokan asam amino didalam tubuh ternak, lalu senyawa protein atau nitrogen masuk kedalam usus untuk mengalami hidrolisis oleh enzim proteolitik menjadi oligopeptida dan asam amino.

Oligopeptida dan asam amino berasal dari tahap selanjutnya yang akan diurai menjadi  VFA, CO2, CH4, NH3 dan peruraian tersebut akan terus berlangsung walaupun anomia yang dihasilkan lebih dari cukup dalam memenuhi kebutuhan pertumbuhan mikroba.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lebih dalam mengenai protein tepung ikan yang akan membantu upaya dalam pembentukan protein untuk program penggemukkan, nah untuk ternak unggas membutuhkan sumber protein tambahan dari komposisi pakannya.

Hewan ternak ruminansia memiliki kelebihan yang dapat menghasilkan protein sendiri dari pakan hijauan dengan memanfaatkan mikroba didalam rumen khususnya ternak sapi, sehingga tidak membutuhkan tambahan sumber protein untuk pertumbuhan berat bobot.

Tepung ikan adalah salah satu bahan pakan yang mengandung protein, sehingga dapat merangsang pertumbuhan daging pada ternak dengan kandungan asam amino yang membuatnya mudah dicerna tapi tepung ikan sangat mudah tengik membuat peternak harus hati-hati dalam penggunaan protein tepung ikan.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *