2 Probiotik Unggas Bebek Terbaik Di Indonesia 2020

2 Probiotik Unggas Bebek Terbaik Di Indonesia

Probiotik unggas bebek adalah suplemen pakan yang berasal dari bakteri, karena dapat memberikan keuntungan dalam meningkatkan keseimbangan mikroflora pada saluran pencernaan.

Para peternak menggunakan probiotik yang memiliki manfaat dalam ransum, sehingga bisa meningkatkan daya cerna dalam rumen ternak.

Pakan ransum pada bebek pedaging yang ditambahkan dengan probiotik dapat menambahkan berat badannya lebih cepat, karena mikroorganisme dalam probiotik bekerja secara optimal.

Penggunaan probiotik pada ternak yang dapat merubah ekosistem mikroba pencernaan, sehingga memberikan pengaruh bagus dan meningkatkan kesehatan.

Berikut ini penjelasan lebih dalam mengenai probiotik unggas bebek yang akan membantu usaha pemula bebek peking, mari simak!

Probiotik Adalah?

Kata Probiotik berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti dari kata “Pro” adalah Mempromosikan, lalu untuk kata “Biotik” artinya Kehidupan.

Kemunculan Probiotik berawal pada abad ke-20, oleh seseorang yang memiliki julukan sebagai “Bapak Probiotik” bernama Elie Metchnikoff.

Salah satu cara probiotik bekerja dengan pencernaan
Cara probiotik bekerja

Probiotik bisa berupa makanan dan minuman yang mengandung bakteri atau ragi, nah biasanya akan memiliki rasa asam jika dikonsumsi oleh manusia.

Jenis Probiotik pada manusia memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik dan telah teridentifikasi pada tahun 1960-an, yaitu Costridia, Lactobacilli Enterococci dan E.Coli.

Pada hewan peternak khususnya, Probiotik memiliki fungsi secara efektif organisme nya dapat meningkatkan keseimbangan Mikroflora usus.

Bakteri pada Probiotik sangat menguntungkan jika masuk kedalam pencernaan hewan peternak, karena untuk mendominasi bakteri yang bisa menimbulkan penyakit (Patogen).

Para peternak biasanya menggunakan Probiotik dengan cara mencampurkannya ke Ransum pakan, karena mampu meningkat berat badan bebek tersebut.

Probiotik pada hewan ternak juga memiliki fungsi lain, yaitu dapat merangsang reaksi enzim dan menetralisir senyawa beracun yang tidak sengaja tertelan.

Penggunaan Probiotik unggas bebek untuk mempercepat proses pembesaran agar bobotnya mencapai target lebih cepat, sehingga bisa memenuhi pasokan pasar.

Keseimbangan nutrisi ternak yang menggunakan Mikroorganisme hidup dari probiotik, yaitu jenis Bekteri Asam Laktat, Genus Lactobacillus dan Genus Bifidobacteria.

Jenis Probiotik Unggas Bebek

Probiotik memiliki dua tipe dalam Kultur Mikrobial hidup, yaitu Probiotik Starbio yang membantu dalam pencernaan, penyerapan zat nutrisi, meningkatkan kadar protein dan mempercepat pertumbuhan pedaging.

Baca Juga : Pakan Unggas Bebek Terbaik Di Indonesia

Tipe kedua Probiotik Mikrobial Fermentasi adalah Probiotik yang dapat memberikan efek baik, sehingga bisa meningkatkan kesehatan pada bebek peking.

Peternak biasanya menggunakan Probiotik unggas bebek seperti EM4 dan GDM, nah untuk yang masih pemula mari simak penjelasan berikut antara lain:

Probiotik EM4

EM4 sebagai probiotik unggas

EM4 adalah salah satu jenis Probiotik yang mengandung Mikroorganisme hasil fermentasi, yaitu berasal dari bahan-bahan organik berwarna coklat dan bertekstur cair.

Memiliki manfaat dalam menjaga keseimbangan Mikroorganisme yang menguntungkan pada sistem pencernaannya, meningkatkan kesehatan dan mengurangi angka kematian bibit.

Probiotik unggas bebek untuk jenis EM4 ini sangatlah berguna, karena akan membuat ternak tidak mudah stress dan bau pada kotoran bisa berkurang.

Pemberian EM4 pada pakan atau minum ternak akan membuat nafsu makannya meningkat, yaitu disebabkan oleh EM4 yang memiliki aroma asam manis.

Para peternak menggunakan EM4 jangan khawatir, karena tidak mengandung bahan kimia dan bahkan dapat memperbaiki jasad renik yang membuat kesehatannya terus meningkat.

Manfaat-manfaat EM4

  • Terjaganya keseimbangan mikroorganisme yang dapat menguntungkan pada sistem pencernaan ternak.
  • Mampu memperbaiki jasad renik yang akan terus meningkatkan kesehatan hewan ternak tersebut.
  • Meningkatkan kualitas daging ternak khususnya pada bebek peking.
  • Tingkat kematian pada bibit ternak sangatlah rawan dan EM4 dapat mengurangi akan kematian bibi tersebut.
  • Menjaga dan memperbaiki kesuburan pada ternak.
  • EM4 dapat menetralisir bau yang tidak sedap disekitar kandang ternak.
  • Mengurangi stress yang membuat kualitas hewan ternak tetap terjaga.
  • Mencegahnya bau pada kotoran serta kandang peternak tersebut.

Cara Penggunaannya

Penggunaan EM4 harus benar diperhatikan dan tidak boleh digunakan sembarangan dengan mencampur-campurkan bahan lain, karena penggunaannya memiliki aturan.

Berikut ini pengunaan secara bertahap dalam EM4 untuk Probiotik unggas bebek, yaitu:

Campurkan kedalam Air Minum

Penggunaan EM4 ke dalam air minum dengan cara melarutkanya terlebih dahulu sebanyak 1-2 cc pada air yang berukuran 1-1,5 liter, lalu berikan setiap hari.

Melarutkan cairan EM4 pada air tersebut harus juga diperhatikan, karena penggunaan air yang dianjurkan adalah air dari tanah atau sumur saja.

Campurkan kedalam Pakan

Larutkan terlebih dahulu sebanyak 1-2 cc per 1-1,5 liter air untuk bisa menyatu dengan bahan pakan lainnya, lalu memberikannya dengan cara disemprotkan pada pakan ternak.

Penggunaan Probiotik unggas bebek yang bisa dicampurkan dengan EM-Bokashi, dedak, konsentrat dan jagung memiliki perbandingan 10 bagian.

Campurkan larutan EM4 tersebut dengan EM-Bokashi dan bahan pakan lainnya, setara EM Bokashi + 10 bagian dedak + 2 bagian konsentrat + 2 bagian jagung.

Kebersihan Sanitasi

Kebersihan sanitasi akan tetap terjaga dengan mencampurkan larutan EM4 dan Molase (gula dengan air), nah untuk perbandingannya sekitar 1 : 1 : 100.

Larutan tersebut setelah dicampurkan harus mendiamkan nya selama 2 hari, agar proses fermentasi terjadi dengan optimal.

Cara penggunaannya larutan tersebut disemprotkan pada kandang-kandang ternak, sekitar 1-2 liter/meter persegi untuk luas kandang ternak.

Penggunaan larutan tersebut harus segera digunakan setelah fermentasi nya dengan molase, nah perlu diingat penggunaan larutan fermentasi itu tidak lebih dari 3 bulan.

Limbah Ternak

Mengatasi limbah ternak bisa menggunakan cairan EM4 yang sudah di campurkan perbanding 1 : 1 : 100 dengan molese, lalu didiamkan 2 untuk fermentasi.

Larutan hasil fermentasi tersebut bisa disemprotkan pada limbah ternak yang memiliki kapasitas limbah 1 ton, setelah itu diamkan agar melakukan fermentasi.

Limbah hasil fermentasi bisa digunakan sebagai bahan organik yang memiliki manfaat, yaitu untuk pertanian sebagai pupuk organik dan bahkan pakan ternak.

Probiotik GDM

Probiotik GDM unggas terbaik

Probiotik GDM adalah jenis suplemen organik cair yang diformulasikan khusus untuk jenis hewan ternak, karena berasal dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.

Penggunaan GDM tidak perlu dikhawatirkan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya sangat menjamin kualitas, sehingga 100% aman.

Suplemen organik tersebut mengandung unsur mineral dan bakteri yang menguntungkan, yaitu untuk proses pertumbuhan semua jenis hewan ternak.

Angka kematian akibat CNE dan SNE pada bebek pedaging dapat tercegah dengan menggunakan GDM, serta menurunkan kadar amonia yang membuat kandang dan kotoran tidak berbau.

Bahan-bahan yang Digunakan GDM

Pembuatan GDM menggunakan bahan 100% murni organik segar, sehingga kualitasnya tetap terjamin yang tidak akan terjadinya proses pembusukan.

Bahan-bahan pembuatan tersebut yang membuat kualitasnya jauh lebih aman untuk penggunaan ternak ataupun kebutuhan ternak, yaitu:

Limbah Organik

Probiotik GDM biasanya menggunakan bahan dari limbah organik yang mengandung makro ataupun mikro nutrien, sehingga aman untuk probiotik unggas bebek.

Peternak menggunakan SOC GDM mampu memenuhi kebutuhan ternak, yaitu dalam proses penyerapan nutrisi atau metabolisme yang akan mempercepat proses pertumbuhan.

Rumput Laut

Rumput laut memiliki kandungan protein yang mampu memenuhi kebutuhan hewan ternak, maka diikut sertakan dalam pembuatan GDM tersebut.

Kandungan yang ada didalam rumput laut dapat membantu proses regenerasi sel ataupun membangun sel-sel tubuh baru, agar menggantikan sel yang mengalami kerusakan.

Minyak Hewani

Minyak hewani mengandung lemak tak jenuh dan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat dalam kesehatan, terutama pada hewan ternak.

Peternak menggunakan Probiotik unggas bebek dari bahan minyak hewan, karena terbukti sebagai anti jamur, anti bakteri dan anti virus.

Algae

Alga adalah salah satu produsen utama bahan organik pada ekosistem perairan, sehingga menjadi bagian penting dari sistem rantai makanan.

Tampilan pada alga akan seperti ganggang laut tapi memiliki manfaat yang sangat berbeda, karena alga dapat meningkatkan nutrisi pakan ternak.

Pembuatan GDM sebagai salah satu probiotik unggas bebek yang mampu memenuhi kebutuhannya, sehingga alga banyak mengandung mineral essensial, Vit A, Vit E dan Antibiotik alami.

Bakteri

Bakteri menjadi bahan terpenting dalam pembuatan GDM, karena keberadaanya dapat membantu dalam memaksimalkan proses pencernaan pada hewan ternak.

Memiliki fungsi lain, yaitu dapat menjadi antibodi yang akan membuat ternak tahan terhadap perubahan suhu, lingkungan dan bahkan serangan penyakit.

GDM mengandung berbagai macam bakteri yang memiliki fungsi berbeda, tapi semuanya akan bekerjasama untuk bersinergi dalam keseimbangan tubuh hewan.

Suplemen organik cair atau GDM mengandung bakteri mulai dari Bacillus brevis, Bacillus pumillus, Bacillus mycoides, Pseudomonas alcaligenes dan Micrococcus roseus.

Kesimpulan

Probiotik pada pencernaan hewan ternak yang dapat menekan populasi mikroba, sehingga dapat merubah dan meningkatkan metabolisme tapi menurunkan aktivitas Enzim.

Para peternak menggunakan probiotik tersebut demi menjaga kualitas hewan ternaknya mulai dari kesehatan, mempercepat proses pertumbuhan dan mencegah kematian.

Pada dunia peternakan probiotik memiliki dua jenis, yaitu Probiotik EM4 dan Probiotik GDM yang memiliki fungsi sama dan peran penting keduanya dalam peternakan.

Kedua jenis probiotik tersebut juga bisa digunakan untuk probiotik unggas bebek, karena dapat menjaga kesehatan dan menjaga kualitas daging khusus bebek pedaging.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

One Comment to “2 Probiotik Unggas Bebek Terbaik Di Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *