Penyakit Pada Bebek Sangat Berbahaya Dan Menular 2020

Penyakit Pada Bebek Sangat Berbahaya Dan Menular

Pada dunia peternakan yang menjadi satu kewajiban penting adalah mengetahui pencegahan terhadap penyakit, karena ternak satu ini memiliki beberapa macam penyakit pada bebek.

Bebek memang hewan ternak yang berpotensi bagus dalam memenuhi kebutuhan protein untuk manusia, tidak hanya itu ternyata memiliki macam-macam penyakit pada bebek.

Kendala yang sering terjadi pada peternakan adalah serangan penyakit dan biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, kekurangan unsur gizi dan parasit (cacing, protozoa serta kutu).

Peternak harus melakukan berbagai cara pencegahannya khususnya pada bebek, yaitu dengan cara menjaga kesehatannya dan kebersihan lingkungan kandang.

Hewan ternak yang memiliki macam-macam penyakit pada bebek khususnya, oleh karena itu mari simak penjelasan berikut agar mengetahui pencegahan nya!

Pelajari Penyakit Pada Bebek

Bebek adalah salah satu hewan ternak yang memiliki penyakit cukup banyak dan bahayanya lagi dapat menyebabkan kematian, nah itulah yang akan membuat peternak mengalami kerugian.

Pencegahan harus terus dilakukan, karena memiliki macam-macam penyakit pada bebek yang dibagi menjadi dua yaitu jenis penyakit yang menular dan tidak menular antara lain:

5 Jenis Penyakit Tidak Menular Pada Unggas

Penyakit pada bebek tidak menular

Penyakit tidak menular pada bebek, yaitu jenis penyakit yang biasanya disebabkan oleh buruknya sistem pemeliharaan ataupun tata cara perawatan bebek.

Baca Juga : Probiotik Bebek Terbaik

Memiliki macam-macam penyakit pada bebek lainnya seperti keracunan, kualitas kebersihan buruk dan kekurangan vitamin serta mineral yaitu:

Stress Pada Bebek

Terjadinya stress pada bebek, yaitu berbagai macam faktor pengganggu secara langsung dan mungkin akan mengalami hal sama jika terjadi pada hewan ternak lainnya.

Faktor yang bisa membuat bebek stres adanya keramaian dan kurangnya gerak bebas pada bebek, karena tidak ada obat untuk mengatasi stres jadi para peternak harus menghindarkannya.

Stress masuk kedalam macam-macam penyakit pada bebek tapi jenis yang tidak menular, maka para peternak harus menghindarkan berbagai macam gangguan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Kurangnya Vitamin A

Vitamin A bagi bebek sangatlah penting, karena jika kekurangan akan menghambat pertumbuhannya apalagi terjadi pada bebek pedaging yang membuat peternak mengalami kerugian.

Kekurangan vitamin A juga akan membuat kerugian bagi peternak bebek petelur yang dapat menurunkan produksi telur, pertumbuhan terhambat dan bebek terlihat lemas.

Vitamin A yang tidak seimbang ataupun kurang yang membuat bebek mudah terserang infeksi, maka untuk menjaga keseimbangan nya berikan pakan bersumber Vit A seperti jagung kuning.

Butuh Bebek Frozen Area Jawa Barat Dan DKI Jakarta ?? Hubungi : 082297427720

Bebek yang kekurangan vitamin A juga masuk kedalam macam-macam penyakit pada bebek untuk jenis tidak menular, tapi cukup berbahaya dan bisa menghambat segalanya.

Penyakit Antibiotika Dermatitis

Antibiotika Dermatitis adalah jenis penyakit yang disebabkan penggunaan antibiotik secara berlebihan pada bebek, biasanya penggunaan antibiotik tersebut untuk mengobati penyakit lainnya.

Dosis penggunaan antibiotik ada bebek harus diperhatikan, karena jika tidak akan membuat bebek mengalami gatal-gatal serta kering dikulitnya dan membuat bulu rontok.

Pencegahan nya agar tidak terjadi penyakit Antibiotika Dermatitis pada bebek, yaitu dengan memperhatikan dosis dalam penggunaan antibiotik harus sesuai yang dianjurkan.

Penyakit Rickets Duck

Rickets Duck adalah penyakit tulang dan bisa menyebabkan kelumpuhan, karena kurangnya Vitamin D, Kalsium, Mineral dan Kekurangan Fosfor pada bebek.

Obat untuk mengobati penyakit Rickets Duck saat ini belum tersedia, sehingga para peternak hanya bisa melakukan pencegahan dengan cara memperhatikan kandungan pakannya.

Peternak bisa memberikan pakan yang mengandung mineral fosfor, kalsium dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan tulang dengan menambahkan 2% tepung tulang

Terjadinya Keracunan Garam

Keracunan garam bisa saja terjadi pada bebek, karena disebabkan oleh air minum ataupun kolam air yang digunakannya mengandung kadar garam terlalu tinggi.

Terjadinya keracunan tersebut tidak hanya disebabkan oleh air yang menggandung kadar garam tinggi, tapi bisa juga terdapat pada bahan baku lainnya.

Kasus keracunan garam pada bebek sangatlah berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian dan biasanya sering terjadi, karena lokasi peternakan yang dengan pantai.

6 Jenis Penyakit Menular Pada Bebek

Penyakit pada bebek menular

Jenis penyakit menular pada bebek sangatlah berbahaya yang akan membuat para peternak mengalami kerugian biasanya disebabkan oleh virus, bakteri atupun kuman.

Kenapa dibilang berbahaya? Karena virus-virus tersebut penularan nya sangat begitu cepat dengan melakukan kontak langsung ataupun lewat udara, berikut beberapa penyakitnya yaitu:

Penyakit Colera

Colera adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pasteurella Avicia, maka kandang yang lembab akan mendukung penularan penyakit Colera dengan cepat.

Penyakit Colera masuk kedalam macam-macam penyakit pada bebek yang menyerang anak bebek berusia 4 minggu, karena menyebabkan angka kematian hingga 50% lebih daripada bebek dewasa.

Bebek yang terserang penyakit Colera akan memiliki gejala sesak nafas, pial bengkak serta panas, jalan terlihat sempoyongan, meratap dan mengeluarkan suara cukup nyaring.

Pencegahan yang bisa dilakukan para peternak dengan cara memberikan vaksin Colera unggas, agar memiliki kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit Colera.

Colera juga dapat menyebabkan penyakit lainnya, seperti infeksi darah jika tidak langsung melakukan pengobatan dengan cara memberikan obat Chloramphenicol dan Tetra Cycline atau Preparat Sulfa.

Penyakit Mata Putih

Penyakit Pada bebek mata putih

Mata putih adalah jenis penyakit yang bisa menyerang bebek dalam segala umur dan disebabkan oleh virus, lalu tingkat penyebarannya sangat mudah apalagi jika kekurangan Vitamin A.

Faktor pendukung penyebaran virus ini adalah kondisi kandang lembab atau permukaan tanah yang basah, lalu pencegahan nya dengan memberikan antibiotik pada pakan dan minumnya.

Ciri-ciri jika bebek terserang mata putih akan keluarnya cairan dari mata ataupun paruh, sulit bernafas, lemah hingga lumpuh dan kotoran kotoran terlihat bening akan berubah kuning dalam beberapa jam.

Jenis penyakit mata putih yang menjadi macam-macam penyakit pada bebek sangatlah berbahaya, karena tingkat penyebarannya begitu cepat dan membuat peternak mengalami kerugian dengan sekilat.

Penyakit Coccidiosis Bebek

Penyakit Coccidiosis Bebek

Coccidiosis adalah jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan membuat bebek menjadi berak darah, yaitu disebabkan oleh parasit protozoa.

Ciri-ciri bebek yang terserang penyakit ini akan membuat kurangnya nafsu makan, maka berat badan pada bebek semakin menurun dan bahkan terjadinya lumpuh.

Penularan nya sangat relatif lebih cepat apalagi bebek berusia anakan melalui kotoran, sehingga menjadi salah satu dari macam-macam penyakit pada bebek yang sangat berbahaya.

Berikan obat antibiotik kedalam rasum pakan ataupun dicampurkan dengan air minum untuk melakukan pencegahan, selain itu harus dijaga kebersihan dan kelembapan kandang.

Penyakit Coryza Bebek

Penyakit yang biasanya disebut dengan pilek menular ini banyak terjadi pada saat memasuki awal pergantian musim, sehingga membuat angka kematian bebek sangat tinggi.

Memiliki gejala yang sama seperti terserang penyakit mata putih, yaitu keluarnya kotoran cair dari mata dan hidung , tapi terdapat hal membedakan dalam angka kematian.

Berikan untuk anak bebek dan bebek dewasa antibiotik konkret pada rasum pakannya ataupun menyuntikan obat Streptomisin Sulfa, yaitu untuk pencegahan.

Penyakit Salmonellosis

Penyakit Salmonellosis bebek

Penyakit Salmonellosis sama seperti penyakit Mata putih yang dapat menyerang bebek disegala umur, sehingga angka kematian bisa mencapai 50% lebih terutama pada anakan.

Pencegahan yang bisa dilakukan para peternak untuk mengatasi kuman Salmonellosis, yaitu dengan cara menjaga kebersihan kandang secara berkala dan menjaga kesehatan bebek.

Kuman Salmonellosis yang menyerang bebek akan menghambat masa pertumbuhannya, sehingga masuk kedalam macam-macam penyakit pada bebek cukup berbahaya.

Penyakit Sinusitis

Jenis penyakit Sinusitis akan menyerang bebek dewasa, yaitu disebabkan oleh tata cara pemeliharaan buruk, kurangnya asupan mineral dalam pakan dan tidak tersedia kolam air.

Bebek yang terserang penyakit ini akan menyebabkan kerugian ekonomi cukup besar dan ciri-cirinya terjadi pembengkakan sinus, keluarnya cairan dari hidung dan sekresi mata menjadi buih.

Pencegahan bisa dilakukan dengan cara memperbaiki tata cara pemeliharaan dan memberikan antibiotik, karena masuk kedalam macam-macam penyakit pada bebek yang berbahaya.

Kesimpulan

Penyakit-penyakit diatas juga bisa menyerang berbagai macam hewan ternak lainnya, sehingga akan menghambat pertumbuhan dan produksi telur bagi unggas petelur.

Penjelasan penyakit diatas masuk kedalam macam-macam penyakit pada bebek yang sangat berbahaya apalagi untuk jenis penyakit menular, karena memiliki angka kematian tinggi.

Pencegahan untuk penyakit tidak menular pada bebek yang bisa para peternak lakukan, yaitu memperbaiki tata cara pemeliharaan dan memperhatikan kandungan pakannya.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

One Comment to “Penyakit Pada Bebek Sangat Berbahaya Dan Menular”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *