Penyebab Dan Cara Mengobati Bebek Lumpuh 2021

Penyebab Dan Cara Mengobati Bebek Lumpuh

Bebek memang hewan ternak paling populer diternakkan tapi disisi lain banyak penyakit yang menyerang seperti kelumpuhan, maka peternak diharuskan mengetahui tips mengobati bebek lumpuh.

Penyakit lumpuh pada bebek akan menjadi tantangan bagi para peternak, sehingga sangat diwajibkan untuk semua peternak mengetahui cara mengatasinya.

Cara mengatasinya memang harus dilakukan tapi akan lebih baik melakukan pencegahan, karena agar tidak terjadi penurunan produksi dan penghambatan pertumbuhan.

Kelumpuhan memang sangat umum terjadi pada bebek apalagi populasi yang sangat begitu padat, maka akan membuat bebek tertindih dengan bebek lainnya dan memiliki gejala kaki memar.

Pada saat proses peternakan pasti ada saja yang akan membuat kondisi kesehatannya terganggu seperti kelumpuhan, sehingga peternak harus mengetahui tips mengobati bebek lumpuh.

Bagi pemula jangan khawatir berikut penjelasan tips mengobati bebek lumpuh, nah untuk mengetahuinya mari simak penjelasan lebih dalam!

3 Penyebab Bebek Mengalami Lumpuh

Cara mudah mengobati bebek lumpuh

Penyebab-penyebab kelumpuhan pada bebek biasanya akibat kekurangan vitamin D, mineral, kalsium dan fosfor yang membuat kebutuhan tulang pada setiap harinya tidak terpenuhi.

Pencegahan harus segera dilakukan agar tidak terjadinya kelumpuhan, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak akan sia-sia untuk mendapatkan keuntungan sesuai target.

Berikut ini beberapa penyebab yang harus diketahui untuk semua para peternak ataupun peternak pemula agar dapat melakukan tips mengobati bebek lumpuh, yaitu :

Rickets Duck

Rickets Duck adalah penyakit tulang dan bisa menyebabkan kelumpuhan karena kurangnya Vitamin D, Kalsium, Mineral dan Kekurangan Fosfor pada bebek.

Baca Juga

Jenis Penyakit Bebek Yang Sangat Berbahaya

Tips Mudah Menghilangkan Bau Pada Kandang Bebek

Obat untuk mengobati penyakit Rickets Duck saat ini belum tersedia, sehingga para peternak hanya bisa melakukan pencegahan dengan cara memperhatikan kandungan pakannya.

Peternak bisa memberikan pakan yang mengandung mineral fosfor, kalsium dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan tulang dengan menambahkan 2% tepung tulang.

Mycosis

Mycosis juga adalah salah satu penyakit yang sering terjadi pada manusia , nah untuk saat ini terjadi pada bebek yang secara tidak langsung mengkonsumsi makanan basi.

Makanan basi tersebut mengandung jamur atau tidak sengaja melakukan kontak langsung tempat yang berjamur dan jika termakan oleh bebek, sehingga akan terjadinya keracunan.

Menjaga kesehatan dan kebersihan kandang memang harus dilakukan untuk proses pencegahan, karena kondisi kandang kotor serta lembab adalah faktor pendukung pertumbuhan jamur.

Ciri-ciri bebek yang keracunan jamur akan terlihat lesu, hilangnya nafsu makan dan beberapa hari bobotnya terus menurun serta terjadinya kelumpuhan.

Memberikan antibiotik kedalam rasum pakan dan air minumnya juga akan menjadi salah satu tips mengobati bebek lumpuh, lalu pada saat musim hujan bisa menambahkan kapur pada tanah dikandangnya.

Botulism

Botulism pada bebek disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium Botulinum, bisanya terjadi saat bebek memakan bangkai atau memberikan daging bekicot yang layu.

Bangkai yang dimakan oleh bebek mengandung kuman berbahaya, karena kuman tersebut dapat memproduksi racun dan bernama Clostridium Botulinum.

Kebersihan harus tetap terjaga untuk kesehatan lingkungan dan jangan memberikan pakan yang sudah basi, lalu jika mengalaminya berikan obat pencahar agar dikeluarkan melalui fases.

6 Cara Mengobati Unggas Bebek Lumpuh

Penyakit bebek lumpuh bisa menular

Para peternak harus mengetahui langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam mengatasi kelumpuhan pada bebek khususnya, karena kelumpuhan adalah salah satu jenis penyakit umum.

Langkah-langkah berikut akan menjadi tips mengobati bebek lumpuh, Sehingga sangat diwajibkan para peternak mengetahuinya agar terhindar dari kerugian yang diakibatkan bebek lumpuh.

Berikut ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi bebek lumpuh biasanya menyerang anakan hingga dewasa, antara lain:

Ketahui Penyebab Kelumpuhan

Daya tahan tubuh bebek memang lebih kuat daripada ayam tapi kelumpuhan lebih sering menyerang bebek, karena dipengaruhi faktor seperti populasi kandang yang padat.

Peternak wajib mengetahui atau memahami penyebab kelumpuhan yang terjadi dan biasanya bebek mengalami kelumpuhan akibat memakan belatung, bangkai, dan keracunan makanan.

Penyebab harus segera diketahui agar dapat melakukan beberapa tips mengobati bebek lumpuh, maka jika tidak mengetahui penyebab dari kelumpuhan tersebut akan mengalami kerugian.

Hindari Penyebab

Penyebab kelumpuhan pada bebek sudah diketahui, maka tindakan selanjutnya adalah menghindarkannya, karena kelumpuhan akan terjadi dalam beberapa tahap.

Kelumpuhan pada bebek memiliki gejala awal, yaitu penurunan produksi telur, berat badan semakin berkurang hingga membuat leher lunglai atau lumpuh dan jika dibiarkan menyebabkan kematian.

Cara menghindarinya dengan memperhatikan kebersihan kandang bebek dari faktor lainnya yang memicu kelumpuhan, lalu perhatikan pemberian pakan untuk memenuhi kebutuhan tulang.

Perhatikan Kebutuhan Nutrisi Bebek

Memperhatikan kebutuhan nutrisi akan menjadi salah satu tips mengobati bebek lumpuh, karena nutrisi yang seimbang membuat kebutuhan tulang terpenuhi dan daya tahan tubuh kuat.

Para peternak bisa memberikan nutrisi tambahan agar dapat membantunya untuk melawan penyebab kelumpuhan seperti mineral pakan dan kalsium, lalu Vitamin (A, D, E, K, B serta C).

Perhatikan Sanitasi Kandang

Sanitasi kandang atau pembersihan kandang memang harus sering dilakukan oleh para peternak, karena jika tidak akan menjadi salah satu penyebab kelumpuhan terjadi.

Kelumpuhan bisa terjadi dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada bebek, karena kandang yang tidak dibersihkan atau bebek mengonsumsi pakan sembarang serta mengandung bakteri.

Pencegahan yang bisa dilakukan, yaitu harus sering melakukan proses sanitasi atau pembersihan kandang agar membuat bakteri-bakteri tersebut dapat ditekan jumlahnya.

Berikan minyak kelapa

Pemberian minyak kelapa akan menjadi salah satu tips mengobati bebek lumpuh dan cara memberikannya, yaitu dicekokan pada bebek yang membuatnya mudah haus.

Minyak kelapa membuat bebek mudah haus dan akan membantu proses pengeluaran racun yang menyebabkan kelumpuhan terjadi, karena memiliki kandungan tanin sebagai anti bakteri.

Berikan Es Batu dan Air Kelapa

Es batu dan air kelapa juga menjadi tips mengobati bebek lumpuh dan cara pemberiannya sama seperti memberikan minyak kelapa, yaitu dengan dicekokan langsung kedalam mulut bebek.

Cara kerja air kelapa dan es batu sama seperti minyak kelapa untuk meningkatkan jumlah cairan dengan cepat yang akan membuat racun lebih encer, sehingga mempermudah proses pengeluarannya.

Kesimpulan

Kelumpuhan pada bebek harus segera diatasi, karena akan terjadi penurunan reproduksi telur untuk petelur dan berat badan berkurang atau jauh dari target bagi bebek pedaging.

Peternak akan mengalami kerugian yang begitu dalam jika kelumpuhan dibiarkan begitu saja, maka pencegahan dan pengobatan harus segera dilakukan untuk menghindari kerugian.

Cahaya matahari juga bisa menjadi tips mengobati bebek lumpuh, dengan cara memperhatikan intensitas cahaya yang masuk kedalam kandang dan jika kurang akan memicu kelumpuhan.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *