Tips Untuk Menghilangkan Bau Pada Kandang Bebek, Di Jamin Ampuh 2020

Tips Untuk Menghilangkan Bau Pada Kandang Bebek, Di Jamin Ampuh

Para peternak dalam usahanya memiliki faktor penting yang harus diperhatikan dalam menetralisir bau, maka ketahuilah tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek.

Bebek adalah hewan yang mampu menghasilkan bau sangat tidak sedap, karena berasal dari kotoran ataupun sisa-sisa makanan dan jika tidak langsung diatasi akan berpengaruh untuk pertumbuhannya.

Kandang bebek yang terdapat bau tidak hanya mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar, tapi juga akan membuat si bebek merasa tidak nyaman dan berpengaruh pada kesehatannya.

Peternak harus mengetahui terlebih dahulu tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek agar tidak mengalami kerugian, karena penambahan biaya akan terjadi untuk memenuhi gizi.

Bau yang terdapat pada kotoran bebek akan berpengaruh dari kandungan pakannya, yaitu mengandung protein cukup tinggi dengan kadar mulai dari 15 – 30%.

Peternak mungkin sudah mengetahuinya dalam mengatasi bau tersebut, nah untuk pemula berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek!

Langkah-langkah dalam Mengatasi Bau Kandang Bebek

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau pada kandang tersebut, agar tidak mengganggu kenyamanan area sekitar dan kesehatan serta perkembangan si bebek.

Berikut beberapa langkah untuk mengatasinya yang akan menjadi tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek dan sangat penting bagi pemula, yaitu:

Perhatikan Bentuk Kandang

Bebek membutuhkan bentuk kandang yang membujur arah utara ke selatan, karena agar kandang tersebut mendapatkan akses cahaya yang cukup banyak dari sinar matahari.

Perhatikan bagian atap agar sinar matahari dapat masuk kedalam kadang dan membuat suhu kandang menjadi hangat serta tidak lembab, maka gunakanlah atap Fiberglass transparan.

Baca Juga : Tips Memilih Kandang Bebek Terbaik

Pada bagian dinding kandang gunakanlah susunan kayu yang dapat membawa udara masuk kedalam kandang, sehingga membuat kotoran ataupun tanahnya menjadi kering.

Pembuatan kandang harus memperhatikan sekitar agar mendukung kondisi kandang tetap kering dan tebanglah pohon yang menutup kandang, karena akan membuatnya lembab.

Bentuk kandang juga mampu mengurangi bau pada kandang bebek tersebut, karena faktor pendukung matahari ataupun angin yang menjadi tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek.

4 Tips Untuk Menghilangkan Bau Pada Bebek

Cara-cara ini bisa diberikan pada bebek untuk mengatasi bau tidak sedap, karena pola pakan lah yang menjadi faktor utama penyebab bau dalam kandang bebek.

Beberapa cara memang harus dilakukan para peternak agar tidak mengganggu lingkungan ataupun pertumbuhan bebek, yaitu :

Pakan

Pakan Voer East Hope

Pemberian pakan pada bebek harus diperhatikan dan jangan sesekali memberikan pakan yang mengandung jamur mikotoksin, karena akan mengganggu saluran pencernaannya.

Jamur mikotoksin akan membuat kotoran bebek berubah teksturnya menjadi encer dan berwarna coklat, sehingga disebut dengan Lancung ataupun Wet Dropping.

Tekstur kotoran berubah berasal dari pakan yang tidak dapat dicerna dengan baik, karena kurangnya enzim pencernaan membuat kotoran menjadi bau.

Berikan pakan yang dicampurkan dengan antibiotik, karena dapat memperbaiki tekstur kotoran menjadi tidak bau dan salah satu tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek.

Probiotik

Probiotik Pada Unggas Berguna Untuk menghilangkan bau pada kandang bebek

Probiotik sangat berguna untuk mengatasi bau pada kotoran bebek, karena mengandung bakteri baik yang dapat mengatasi masalah dalam pencernaan bebek.

Penggunaan probiotik membuat saluran pencernaan bekerja lebih maksimal dan mengurangi nutrisi yang terbuang bersama kotoran, sehingga bau kotoranpun akan berkurang.

Mengatasi bau yang lebih efektif penggunaan probiotik bisa juga dengan cara menyemprotkan probiotik pada kotoran bebek, agar kotoran tersebut menyerap sisa nutrisi.

Suplemen

Vitamin Unggas VitaChick

Pemberian suplemen pada ternak sangatlah penting terutama bebek, selain itu juga harus dibarengi dengan pemberian nutrisi, karena untuk mengurangi bau kotorannya.

Fungsi pemberian nutrisi ternak organik yang dapat meningkatkan berat badannya dengan cepat, karena nafsu makan akan terus meningkat dan membuat bebek tidak berbau.

Fermentasi

Suplement Fermentasi GDM Berguna Untuk menghilangkan bau pada kandang bebek

Pakan fermentasi untuk bebek akan menjadi tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek, sehingga sangat ampuh dalam hal mengurangi bau kotoran.

Memberikan pakan jenis fermentasi sangat lah baik, karena sudah melewati proses pemasakkan yang tidak menghilangkan nutrisi bahkan akan membuatnya lebih awet.

Penggunaan pakan tersebut memang lebih mudah diserap oleh tubuh bebek, sehingga proses pencernaan yang lebih cepat dan tidak membuat kotoran berbau.

4 Tips Mudah Menghilangkan Bau Pada Kandang Bebek

Hal-hal inilah yang dapat peternak lakukan pada kandang bebek untuk menghilangkan bau, nah hal ini dipergunakan hanya untuk kandang bukan bebek.

Berikut ada beberapa hal bisa dilakukan untuk para peternak dan menjadi tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek, yaitu:

Larutan Cuka Putih

Fungsi larutan cuka putih dalam menghilangkan bau kotoran, yaitu sebagai disinfeksi alami dan tidak akan memberikan efek bahaya bagi manusia ataupun bebek.

Penggunaan larutan cuka putih dengan cara campurkan satu bagian cuka dan satu bagian air hangat, lalu masukkan kedalam botol semprot dan disemprotkan pada seluruh sudut kandang.

Bersihkan Kotoran dari Kandang

Membersihkan kotoran akan masuk kedalam tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek yang paling utama, karena lebih efektif mengatasi bau kotoran.

Buatlah penampungan kotoran agar tidak berceceran yang akan membuat bau lebih menyengat, karena terjadinya fermentasi dan gunakan lah bahan pengurai limbah organik.

Penggunaan bahan pengurai limbah organik dengan cara mencampurkan nya kedalam tempat penampungan kotoran, agar penguraian tersebut lebih cepat untuk mengurangi bau.

Berikan Semprotan Asap Cair Grade 3

Memberikan semprotan asap cair grade 3 ini yang akan membuat bau kotoran pada kandang bebek berkurang, karena memiliki kegunaan deogreen.

Semprotan asap cair grade 3 yang berasal dari bahan alami, sehingga penggunaannya tidak akan memberikan dampak buruk pada lingkungan sekitar.

Gunakan 1 liter asap cair dan campurkan 50-60 liter air untuk menghilangkan bau dalam waktu 7 – 9 hari, selain itu juga dapat membasmi jamur pada kandang.

Gunakan Kapur Halus dan Pasir Kering

Penggunaan kapur halus dan Pasir Kering juga bisa mengatasi bau kotoran pada kandang bebek, karena keduanya dapat menetralisir bau dan menyerap air agar kondisi kandang tidak lembab.

Berikut ini cara-cara penggunaan dari kedua bahan yang menjadi tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek antara lain:

  • Persiapkan kapur halus dan pasir kering secukupnya sesuai dengan kebutuhan atau luas lubang dibawah kandang.
  • Buatlah lubang dibawah kandang dengan lebar yang sesuai kandang dan memiliki kedalaman sekitar 20 cm.
  • Setelah itu isilah lubang tersebut dengan kapur halus dan pasir kering dan campurkan sesuai perbandingan 1 : 1.
  • Lubang yang berisi campuran kapur halus serta pasir kering untuk menampung kotoran bebek atau untuk penyerapan air pada kandang.

Kesimpulan

Langkah-langkah diatas bisa dicoba dalam mengatasi bau kotoran pada kandang bebek, lalu bisa juga menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman dan tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Mengatasi bau kotoran dikandang bebek bisa menggunakan bahan alami dari campuran jahe, kencur, kunyit, bawang merah, sereh dan bahan organik dalam bentuk produk seperti EM4.

Para peternak sangat diwajibkan untuk mengetahui tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek, sehingga tidak akan mengganggu lingkungan sekitar dan perkembangan bebek.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *