Kenali Jenis Kandang Bebek Petelur Yang Bagus Dan Untung 2021

Kenali Jenis Kandang Bebek Petelur Yang Bagus Dan Untung

Para pebisnis itik langkah pertama yang harus dipikirkan adalah lahan untuk sebuah kandang, karena pada umumnya kandang dalam peternak bebek dibagi menjadi tiga kelas yaitu kandang untuk DOD, kandang untuk bebek dara dan yang terakhir untuk bebek yang dalam masa bertelur memerlukan kandang bebek petelur khusus.

Dunia peternakan yang memiliki modal cukup besar adalah modal untuk pembuatan kandang, karena semakin bagus bahan yang digunakan dalam pembuatan kandang tersebut akan membuatnya bertahan hingga 10 tahun daripada pembuatan kandang menggunakan bahan bambu yang bisa digunakan sampai 5 tahun saja.

Jenis kandang untuk beternak unggas memang cukup banyak terutama ternak bebek petelur yang memiliki tiga jenis kandang bebek petelur yang sering digunakan, yaitu jenis kandang panggung, kandang litter, kandang sistem baterai dan berikut penjelasan lebih dalam mengenai kandang bebek petelur khususnya. Mari simak!

Perhatikan Bentuk Kandang

Kandang bebek petelur

Bebek membutuhkan bentuk kandang yang membujur arah utara ke selatan, karena agar kandang tersebut mendapatkan akses cahaya yang cukup banyak dari sinar matahari yang membuat peternak pemula harus memperhatikan terlebih dahulu bentuk kandang.

Perhatikan bagian atap agar sinar matahari dapat masuk kedalam kadang dan membuat suhu kandang menjadi hangat serta tidak lembab, maka gunakanlah atap Fiberglass transparan agar sinar matahari bisa tembus hingga mengenai bebek ataupun lantai.

Pada bagian dinding kandang gunakanlah susunan kayu yang dapat membawa udara masuk kedalam kandang, sehingga membuat kotoran ataupun tanahnya menjadi kering agar kualitas telur tetap terjaga dan bebek petelur dalam memproduksi telur bisa meningkat.

Pembuatan kandang harus memperhatikan sekitar agar mendukung kondisi kandang tetap kering dan tebanglah pohon yang menutup kandang, karena akan membuatnya lembab dan mendatangkan berbagai macam jenis penyakit.

Bentuk kandang juga mampu mengurangi bau pada kandang bebek tersebut, karena faktor pendukung matahari ataupun angin yang menjadi tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek petelur.

Jenis-jenis Kandang Bebek Petelur

Jenis-jenis kandang bebek petelur ini bisa digunakan untuk 100 ekor tapi disesuaikan dengan besar kecilnya bebek petelur dan kondisi lahan yang akan digunakan, karena dalam pembuatan kandang tidak boleh terlalu sempit agar bebek bisa bergerak dengan nyaman yaitu:

Kandang Boks (DOD Fase Starter)

Jenis Kandang brooding bebek petelur

Kandang boks ini digunakan untuk anak bebek yang berusia 1-21 hari dan biasanya kadang jenis ini dibuat menggunakan bambu, lalu untuk lantainya bisa menggunakan kawat kasa atau bisa dari anyaman bambu dengan jarak anyaman sekitar 1-1,5 cm agar kotoran itik bisa langsung jatuh kebawah.

Jarak pada lantai tersebut juga harus diperhatikan agar tidak membuat kaki bebek terperosok, nah untuk pakan bisa langsung disebar pada kandang jenis ini tapi sebelum itu alas kandang harus dilapisi terlebih dahulu menggunakan karung atau kain bekas yang berfungsi agar pakan tidak jatuh.

Kandang Panggung

Kandang bebek panggung bisa untuk petelur maupun pedaging

Kandang bebek petelur model panggung ini biasanya digunakan peternak untuk menghindari lantai basah yang sangat cocok digunakan dalam kondisi geografis tanah basah, sehingga kandang jenis ini memiliki nilai kesehatan yang tinggi jika digunakan di daerah yang memiliki kelembapan tinggi.


Baca Juga

Resep Bebek Goreng Indonesia Untuk Makan Malam

Bebek Gunsi, Salah Satu Bebek Terbaik Di Jawa Barat

Peternak menggunakan kandang model ini memang untuk menjaga kekeringan agar resiko terkena penyakit lebih kecil tapi memiliki kelemahan tersendiri dalam penggunaannya, yaitu bebek akan kekurangan mineral yang biasanya didapat dari tanah dan membersihkan kotoran yang menempel akan menambah pekerjaan peternak.

Kandang Baterai

Kandang baterai bebek

Model kandang baterai untuk bebek petelur hampir sama dengan kandang ayam petelur yang biasanya disebut dengan kandang individual, lalu kandang baterai dikumpulkan pada satu tempat dan diberi atap serta dindingnya lengkap dengan pagar terbuat dari anyaman bambu atau kawat untuk kandang bebek petelur model ini.

Pembuatan kandang model ini memang sengaja dibuat sekat-sekat yang untuk setiap petak akan berisi seekor bebek petelur, maka kandang akan dibuat sedikit miring agar telur yang baru keluar bisa langsung menuju kedalam tempat menampungan dan kandang model ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:

Kelebihan Kandang Baterai

  • Dapat mengurangi suara bising di sekiataran luar kandang
  • Membuat peternak lebih mudah melakukan pemantauan terhadap bebek petelur
  • Meningkatkan kualitas telur dan membuat telur terjamin kebersihannya serta keutuhan
  • Penyakit lebih mudah di kontrol

Kekurangan Kandang Baterai

  • Modal pembuatan kandang akan jauh lebih besar daripada model kandang lainnya
  • Memiliki perawatan lebih intensif yang harus dilakukan peternak
  • Pemberian pakan harus memiliki kualitas tinggi serta baik

Kandang Koloni Postal

Kandang Bebek postal

Jenis kandang koloni postal pada seluruh bagian kandang akan tertutup rapat tidak eteada ruangan terbuka untuk bebek bermain, sehingga seluruh aktivitas bebek ada didalam kandang termasuk minum dan pakannya tersedia biasanya penggunaan kandang jenis ini dikhususkan untuk bebek grower dan starter.

Kandang memang dibuat sekat-sekat dan setiap sekatan tersebut ditempati oleh bebek petelur dengan umur yang berbeda-beda, lalu untuk bagian lantai untuk kandang model ini akan berupa semen, litter, atau bisa juga bilah-bilah bambu dan kayu.

Peternak yang memelihara bebek petelur biasanya menggunakan kandang koloni postal ini agar pemeliharaan lebih intensif, karena sistem kandang postal juga termasuk kedalam kandang khusus bebek petelur sederhana yang bisa diterapkan untuk peternak pemula.

Kandang Ren

Kandang bebek renc

Kandang ren adalah jenis kandang yang sebagian tempatnya beratap dan sebagiannya lagi tidak memiliki atap, lalu untuk bentuk bangunannya hanya dikelilingi oleh pagar dan biasanya bisa digunakan khusus untuk bebek petelur dewasa.

Bagian-bagian kandang ken ini khusus yang beratap biasanya akan disekat-sekat untuk membagi bebek petelur berdasarkan umur dan juga digunakan untuk tidur serta bertelur, maka dalam pembuatan kandang pada lantainya perlu diberi alas sekam atau jerami.

Kandang Sistem Kering

Kandang sistem kering adalah salah satu jenis kandang bebek petelur yang biasanya digunakan di daerah perkotaan, karena untuk menyesuaikan dengan kondisi lokasi yang dekat dengan pemukiman agar polusi bau yang diakibatkan kotorannya dapat di minimalisirkan.

Peternak yang memelihara bebek petelur didaerah perkotaan disarankan untuk menggunakan jenis kandang sistem kering, karena pemeliharaan akan lebih intensif menggunakan kandang bebek petelur modern dengan peralatan modern tanpa kolam air walaupun memiliki lahan sempit.

Kesimpulan

Itulah jenis-jenis kandang bebek yang bisa digunakan untuk bebek petelur ataupun bebek pedaging, nah untuk ukuran kandang bebek petelur ideal nya jika memelihara 50 ekor diusahakan kandang memiliki ukuran lebih luas agar bebek petelur bisa bergerak dengan leluasa.

Para peternak sebelum pembuatan kandang harus diperhatikan terlebih dahulu bentuk kandang, karena bentuk pada kandang akan membuat bebek lebih sehat yang disebabkan oleh sinar matahari yang masuk kedalam kandang dan membuat lantai pada kandang tetap terjaga.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *