Daftar Harga Voer Unggas Bebek Pedaging Hibrida Lengkap 2020

Daftar Harga Voer Unggas Bebek Pedaging Hibrida Lengkap

Pada masa Pandemik sekarang harga voer unggas melonjak tinggi yang akan membuat para peternak khawatir, karena pakan adalah kebutuhan utama.

Pakan yang baik agar memenuhi kebutuhan unggas peternak harus mengandung zat-zat seperti protein, lemak, abu, serat kasar, energi, vitamin dan asam amino.

Peternak unggas biasanya memberikan pakan dalam bentuk Voer, yaitu campuran dari beberapa bahan organik dan anorganik yang berperan penting dalam proses pertumbuhan.

Dunia peternakan pastinya tidak asing lagi dengan Ransum, karena sebagai pakan tunggal yang berasal dari berbagai macam campuran bahan pakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama 24 jam.

Ransum memiliki peran penting pada saat harga voer unggas melonjak tinggi, sehingga dapat berkaitan dengan aspek ekonomi sekitar 65-70% dari semua biaya produksi.

Para peternak akan dituntut untuk mengetahui penggunaan Voer pada hewan ternaknya, nah bagi yang pemula mari simak penjelasan berikut!

Voer Adalah?

Pakan Voer Unggas Duck Putra Perkasa Genetika

Salah satu pakan bebek yang sedang viral adalah bebek gunsi ( gunung sindur ) dimana perusahaan PPG tersebut menyediakan sebuah pakan khusus bebek.

Voer adalah salah satu jenis pakan hewan ternak berasal dari berbagai olahan yang dipadatkan menjadi butiran digunakan untuk pakan ayam, burung, bebek, dan ikan.

Tekstur pada voer ini memiliki sifat keras dan padat, maka sangat tidak disarankan untuk diberikan secara langsung pada hewan ternak yang akan bermasalah pada sistem pencernaannya.

Baca Juga : Probiotik Unggas Terbaik

Penggunaan voer biasanya untuk mengatasi kelemahan pada pakan jenis tepung, karena unggas saat makan akan memilih biji-bijian yang membuat konsumsi pakan tidak sesuai.

Pakan yang berbentuk voer jika diolah akan memiliki keuntungan sangat bagus bagi hewan ternak, karena dapat meningkatkan kadar energi metabolisme.

Keuntungan lainnya adalah dapat membunuh bakteri patogen, dapat menurukan jumlah pakan tercece, menjamin keseimbangan zat-zat nutrisi dan mencegah oksidasi vitamin.

Penelitian berpendapat pada manfaat pemberian voer untuk hewan ternak, yaitu mampu memudahkan penanganan pakan yang akan meningkatkan performa ternak.

Performa yang meningkat, karena terjadinya peningkatan cerna, penurunan dalam pemisahan bahan penyusun ransum dan lebih sedikit energi dalam mencerna pakan.

Perhatikan Penggunaan Voer!

Penggunaan voer pada unggas peternak harus diperhatikan, karena kebutuhan nutrisi pada masing-masing periode pemeliharaan berbeda yang akan meningkatkan pertumbuhan.

Voer yang biasa peternak berikan dibagi menjadi dua tahap, yaitu untuk tahap satu adalah tahap pembesaran unggas untuk umur 1-20 hari yang mengandung kadar protein minimal 23%.

Tahap selanjutnya, untuk proses penggemukkan pada unggas berumur lebih dari 20 hari menggunakan pakan yang memiliki kadar protein sekitar 20%.

Pemberian pakan yang menggunakan voer jangan khawatir, karena setiap kemasan pada voer dari pabrikan sudah tertulis aturan penggunaan untuk disesuaikan dengan umur ternak.

Pada saat harga voer unggas melonjak tinggi, maka para peternak akan meracik pakanan sendiri dengan memperhitungkan FCR (Feed Convertion Ratio).

Cara perhitungan cukup gampang, yaitu dengan memperhitungkan jumlah pakan selama proses pemeliharaan dan dibagi sama total bobot unggas pada saat panen.

Perhitungan tersebut membuat angka FCR rendah, maka semakin bagus dalam kualitas pakan yang lebih efesien dengan pakan sedikit tapi mencapai bobot target.

Kualitas Voer

Pemberian voer yang penting adalah melihat kualitasnya dan kualitas tersebut bisa dilihat dengan durabilitas, tekstur kekerasan dan ukuran pada voer tersebut.

Kualitas terbaik pada voer sangat membutuhkan konsekuensi bagi para produsen yang memproduksinya, tapi ada faktor yang dapat mempengaruhi kualitas.

Voer EH 510  Unggas

Faktor-faktor yang mempengaruhi pada kualitas voer, yaitu tingginya biaya produksi, tingginya bahan kualitas pakan dan modal yang dibutuhkan.

Voer bagi para peternak yang memiliki kualitas yang dapat menghasilkan konversi pakan rendah, pertambahan bobot tinggi lebih cepat dan dapat meminimalkan terbuangnya pakan.

Baca Juga :Jenis Pakan Unggas Bebek Hibrida

Bahan-bahan pembuatan voer yang dapat mempengaruhi kualitas tekstur menjadi keras, yaitu penggunaan protein mentah, terdenaturasi dan pati jagung mentah.

Kandungan gandum sekitar 72,4% pada voer memiliki PDI (Pelet Durabillity Index) yang setara dengan 7 poin lebih tinggi, daripada penggunaan jagung sebesar 72,4%.

Harga Voer Unggas dari Berbagai Merk

Harga voer unggas akan memiliki perbedaan, karena tergantung pada produsen yang memproduksi voer dan umur penggunaan voer untuk unggas ternak tersebut.

Berikut ini berbagai macam merk voer dan ukuran voer yang mempengaruhi harga jualnya, mari simak daftar harga berikut agar menjadi referensi bagi pemula antara lain:

Merk Voer (Pelet)Berat VoerHarga
SKM200 gramRp 4.000
511 Starter1 KgRp 6.000
5911 KgRp 10.000
T51 CrumbleRepackingRp 6.000
Probro 991 KgRp 10.000
Sinta BR-21 E0,5 KgRp 8.500
Sinta BR-21 KgRp 10.000
Kopan Ayam 5111 KgRp 9.700
Hi-Pro Vite1 KgRp 10.000
511 Bravo1 KgRp 9.500
Beauty500 gramRp 10.000
Sinta BR-211 KgRp 10.000
Fancy Gold250 gramRp 6.500
Fancy 9 Star450 gramRp 16.500
Power-R Extra FitRp 25.000
Ayam 5921 KgRp 40.000
124 Layer1 KgRp 57.000
Power Max Ohara250 gramRp 60.000
Sakura10 KgRp 145.000
Ayam 59220 KgRp 176.000
511 Starter50 KgRp 465.000
Duck 1 Starter50KgRp. 365.000
Duck 2 Finisher50KgRp. 310.000
Harga sewaktu-waktu dapat berubah

Kesimpulan

Memberikan pakan pada hewan ternak akan mempermudah para peternak untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, tapi kadang harga pakan unggas yang melonjak tinggi.

Produsen-produsen yang memproduksi voer cakup banyak pada saat ini, sehingga akan mempermudah para peternak dalam menemukan jenis voer yang berkualitas.

Kelemahan pada pakan jenis voer ini, kadang terdapat pada harga voer unggas yang melonjak tinggi membuat para peternak kebingungan dan akhirnya berinovasi dengan membuat racikan sendiri.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *