Cara Mudah Fermentasi Menggunakan Yakult, Di Jamin Bisa 2021

Cara Mudah Fermentasi Menggunakan Yakult, Di Jamin Bisa

Dunia budidaya baik beternak ikan atau jenis unggas yang membuat pakan fermentasi memiliki peran cukup penting, karena setiap usaha budidaya tersebut pastinya menginginkan pertumbuhan yang maksimal dengan biaya minim membuat peternak harus mengetahui cara fermentasi menggunakan yakult.

Fermentasi pakan ternak menggunakan yakult yang masuk kedalam jenis Probiotik Rabal berasal dari fermentasi ragi dan bakteri Asam Laktat adalah jenis bakteri yang terdapat pada yakult, yaitu Lactobacillus dan Yeast.

Probiotik rabal adalah suplemen pakan ternak yang diolah dari berbagai macam bahan alami seperti yakult yang menghasilkan zat-zat untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan ternak, karena menggunakan mikroorganisme hidup yang akan memberikan keuntungan untuk ternak.

Fermentasi menggunakan yakult pakan pada dunia peternakan tidak terlalu banyak yang mengetahuinya, karena banyaknya jenis probiotik yang dijual di toko pertanian yang sesuai kebutuhan dan untuk pembahasan kali ini akan membahas tentang cara fermentasi menggunakan yakult!

Fermentasi Pakan Menggunakan Yakult

Fermentasi menggunakan yakult

Fermentasi menggunakan yakult akan meminimalkan biaya fermentasi tapi banyaknya peternak yang masih kebingungan khususnya untuk pemula kadang apa yang diharapkan sangat jauh berbeda dengan kenyataan, maka berikut cara fermentasi pakan menggunakan yakult atau disebut dengan Probiotik Rabal yaitu:

Bahan

Bahan-bahan untuk pembuatan probiotik rabal memang cukup beragam, nah jika kesulitan untuk mencari molase bisa diganti dengan 1 kg gula merah jawa yang sudah dilarutkan dengan 1/2 liter air dan bahan-bahan lainnya antara lain:

  • 9 liter air bersih
  • 2 botol Yakult
  • 1 butir ragi tempe (halus)
  • 1 buah air kelapa murni (kelapa tua)
  • 3 tutup botol molase yang ditambahkan dengan 1/2 liter air

Alat yang Diperlukan

Alat-alat yang diperlukan akan menjadi media pada saat proses fermentasi setelah peternak mengetahui pembahasan diatas tentang cara fermentasi menggunakan yakult , sehingga peran alat sangatlah penting untuk kesuksesan fermentasi yakult dan pencampuran bahan-bahan fermentasi yaitu:

  • Siapkan ember besar
  • Jerigen ukuran 10 liter

Langkah Membuat Fermentasi Yakult

Langkah-langkah pembuatan pakan fermentasi yakult yang akan membantu para peternak untuk meminimalkan biaya pakan dengan probiotik jenis Rabal ini yaitu:

  • Siapkan ember besar untuk menjadi wadah dalam media pencampuran dan campurkan semua bahan secara berurutan didalam ember besar.
  • Setelah menyatu dalam satu wadah aduk semua bahan sekitar 2-3 menit, agar bahan-bahan tersebut bisa tercampur dengan merata.
  • Bahan-bahan sudah tercampur merata masukan kedalam jerigen 10 liter dan tutup hingga rapat, karena proses fermentasi baru dimulai.
  • Jerigen disarankan untuk disimpan dalam tempat sejuk sekitar 7-10 hari dengan kondisi yang minim cahaya matahari, agar proses fermentasi bisa berjalan secara optimal.
  • Nah selama proses fermentasi berlangsung jangan lupa sesekali jerigen dibuka sekitar 1-2 hari sekali, agar gas atau uap yang ada didalam jerigen keluar dan setelah itu jangan lupa ditutup kembali serapat mungkin.
  • Pada saat hari ke 10 Probiotik Rabal siap digunakan, nah untuk indikasi keberhasilan probiotik ini akan berubah warna menjadi kecoklatan.

Cara Kerja Probiotik Rabal

Cara Kerja Probiotik Rabal

Cara kerja probiotik rabal sangat sederhana , yaitu dapat membantu mengurai makanan yang dicerna dengan baik oleh usus hewan dan pakan tersebut akan diserap secara optimal untuk menjadi daging dengan maksimal dalam waktu yang singkat.


Baca Juga

Cara Membuat Fermentasi Tepung Jagung

Fermentasi EM4 Salah Satu Yang Biasa DiLakukan Peternak

Probiotik rabal berasal dari campuran bahan yang mengandung Bakteri Lactobacillus dan Yeast yang merupakan hasil fermentasi, maka dari itu penggunaan Probiotik jenis ini sudah terbukti tidak berbahaya bahkan sangat menguntungkan.

Penggunaan probiotik rabal memang sangat menguntungkan, selain menghemat biaya pakan tetapi juga akan membantu peternak dalam meningkatkan masa pertumbuhan dalam waktu yang singat khususnya untuk pedaging dan cara fermentasi yakult harus diketahui untuk membuat probiotik rabal.

Manfaat Probiotik Rabal

Manfaat probiotik rabal ini tidak kalah bagus dengan jenis probiotik di toko pertanian yang membuat para peternak penting mengetahui cara fermentasi yakult untuk membuat probotik rabal, karena probiotik ini mengandung bahan-bahan alami untuk menghasilkan mikroorganisme yang memberikan manfaat antara lain:

  • Dapat meningkatkan nafsu makan hewan untuk mendukung masa pertumbuhan khususnya ternak ikan dan unggas.
  • Mempercepat waktu panen yang akan mengurangi biaya pakan, karena mengandung mikroorganisme untuk penguraian makan menjadi lebih cepat.
  • Meningkatkan bobot ternak ikan dan unggas dalam waktu singkat, sehingga pakan Akan dicerna dengan baik oleh usus dan diserap secara optimal untuk menjadi daging lebih maksimal.
  • Dapat meningkatkan daya tahan tubuh hewan ternak, agar lebih kuat dalam menghadapi penyakit yang menyerang atau perubahan suhu dan iklim.
  • Penyerapan protein dapat meningkat pada pakan, sehingga pembentukan daging akan lebih optimal.

Kesimpulan

Itulah cara fermentasi yakult yang menghasilkan Probiotik Rabal, lalu penggunaan probiotik ini khususnya unggas dapat dicampurkan kedalam air minumnya dengan takaran 2 botol untuk 1 liter air minum.

Penggunaan probiotik diatas tidak boleh sembarangan apalagi untuk unggas petelur, karena probiotik ini akan meningkatkan nafsu makan jadi dikhawatirkan dapat mempengaruhi produksi telurnya.

Probiotik yang berasal dari yakult memang memiliki manfaat yang sangat bagus, sehingga penting sekali bagi peternak mengetahui bagaimana cara fermentasi menggunakan yakult yang akan membantu peternak dalam menghemat biaya pakan.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

One Comment to “Cara Mudah Fermentasi Menggunakan Yakult, Di Jamin Bisa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *