Analisa Bisnis Ternak Bebek Hibrida Yang Sedang Trending 2021

Analisa Bisnis Ternak Bebek Hibrida Yang Sedang Trending

Bisnis bebek memang harus memiliki analisa usaha yang baik mulai dari biaya pakan, biaya dod maupun biaya lainnya yang tidak diduga. Bisnis ternak bebek pedaging memang memiliki sebuah keuntungan yang lumayan tinggi, akan tetapi kerugiannya juga bisa cukup tinggi.

Kebetulan kami memulai bisnis dari 500 ekor bebek pedaging sehingga pembukuan modal tentunya dari 500 ekor, tidak termasuk biaya pembuatan kandang ya. Untuk biaya kandang sendiri bagaimana wilayah dan kandang mau tipe seperti apa.

Mencoba Bisnis Ternak Bebek 500 Ekor, Seberapa Untung?

Bisnis Ternak Bebek Gunsi 888

Untuk perhitungan kebetulan saya menggunakan full voer dimana bobot bisa mencapai up 2Kg, untuk bibit juga menggunakan antara gunsi maupun ppm.

Sering ada banyak yang bertanya mengenai rugi kalo menggunakan full voer, hal ini bisa iya bisa juga tidak tergantung kebutuhan pasar dan harga itu sendiri.

Jika ingin menggunakan pakan alternatif bebek hibrida juga bisa anda tinggal mempelajarinya cara pembuatannya, beberapa artikel kami juga membahas pakan alternatif.


Silahkan Di Baca

Membuat Pakan Alternatif Bebek Hibrida

Jenis Pakan Unggas Terbaik

Biaya Perkiraan 500 Ekor

Nama BarangJumlahHargaTotal
Bebek DOD500Rp. 11500Rp. 5.750.000
Voer2.250Rp. 7000Rp. 15.750.000
TotalRp. 21.500.000
Harga tabel diatas januari tahun 2021

Pendapatan Usaha Bebek Peking 500 Ekor

NamaJumlahHargaTotal
Bebek490Rp. 46000Rp. 22.540.000
ModalRp. 21.500.000
PendapatanRp. 1.040.000
Harga bebek saat ini 23ribu perKg. menggunakan FCR 2% sehingga bobot 2Kg kurang lebih

Keuntungan full voer memang sedikit lebih rendah akan tetapi menggunakan FCR 2% antara bisa dipastikan bisa up 2,2kg akan tetapi karena bobot bebek biasanya tidak ada yang stabil maka pembukuan contoh up 2Kg.

Jika bobot mencapai 2,1 atau harga voer jauh lebih rendah anda juga bisa membuat pembukuan contoh seperti tabel diatas nantinya ketemu keuntungannya sebesar apa.

Bibit Bebek Hibrida Apa Yang Bagus??

Untuk pemilihan bibit bebek ini terlalu rentah, jangan sesekali gunakan bibit abal-abal, saya sendiri udah rugi besar dalam salah memilih bibit hehe.
Nah bibit yang biasa digunakan sekarang ini bebek gunsi dan bebek PPM keduanya itu saya pernah gunakan dan hasilnya cukup baik usia 30 hari bobot sudah mencapai 1,5Kg up.

Pangsa Pasar Bebek Hibrida

Untuk pasar saat ini bisnis ternak bebek menjadi salah satu hal yang menguntungkan bila mana anda bisa mengolahnya lebih dari sekedar ternak.

Sebagai contoh anda bisa menjual kepada costomer langsung dengan harga misalkan 28ribu perkg atau bekerjasama dengan pemotongan yang dekat tentu keuntungan harga jual bisnis ternak bebek ini lebih dari 23ribu perkg.

Nah untuk masyarakat sendiri sudah mengenal banyak bebek hibrida dan rasa juga jauh lebih enak dibandingkan bebek lokal yang biasa. Maka dari itu bisa terjadinya penambahan peminat dimana masyarakat indonesia akan memilih bebek hibrida.

Kesimpulan

Jika anda memiliki lahan luas, anda ingin berbeda dengan yang lain bisa mencoba bisnis ternak bebek hibrida dimana pasarannya masih jauh lebih luas.

Untuk bebek hibrida ini tidak senang dengan air maka tidak perlu di umbar atau dibuatkan kolam, sifatnya bebek tersebut kering. Lucunya jika anda umbar ini bebek malah tidak tau arah pulang keterbalikannya dengan bebek lokal.

Keuntungan bebek bisa jadi lebih besar bila anda memiliki supplier DOD dan harga voer jauh lebih rendah. Anda bisa membuat pembukuan bisnis ternak bebek dengan mudah dan simple seperti diatas. Berbeda jika menggunakan pakan alternatif mungkin memiliki beberapa baris tabel untuk perhitungan.

You May Also Like

About the Author: haris

One Comment to “Analisa Bisnis Ternak Bebek Hibrida Yang Sedang Trending”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *