Bisnis Bebek Peking, Salah Satu Bisnis Ternak Menjanjikan 2020

Bisnis Bebek Peking, Salah Satu Bisnis Ternak Menjanjikan

Bebek peking biasanya untuk memenuhi pasokan rumah makan ataupun restoran yang menyediakan menu bebek, sehingga peluang bisnis bebek peking cukup besar.

Jenis-jenis bebek peking yang memiliki rasa nikmat, yaitu berasal dari Cina mempunyai ciri khas sangat berbeda daripada jenis bebek pada umumnya.

Memiliki beberapa ciri yang sangat khas, yaitu tampilannya seperti angsa tapi berleher pendek, bulunya berwana putih, paruh serta kaki berwarna orange dan postur tubuh gemuk.

Pendapat F. Rahardi dalam tingkat internasional untuk pengamatan agribisnis yang paling banyak menggunakan bebek peking, yaitu sebagai penghasil daging.

Bebek peking memang bebek penghasil daging, selain itu juga ternyata bisa sebagai penghasil bulu dalam bentuk bantal, kasur, kamoceng dan lainnya.

Melihat dari segi ekonomi bebek peking memiliki potensi cukup tinggi, yaitu sebagai hidangan mahal yang bahkan harganya bisa mencapai 350 ribu/porsi.

Perhatikan dari segi fisik yang memiliki pertumbuhan lebih cepat daripada jenis unggas lainnya, karena pada umur 1 bulan bobotnya bisa mencapai 1,5 kg.

Peluang bisnis bebek peking masih cukup besar bukan? Apalagi jika melihat dari segi ekonomi yang memiliki potensi tinggi, mari simak penjelasan Analisa ternak bebek peking!

Analisa Peluang Bisnis Bebek Peking

Analisa Bisnis bebek peking hibrida

Bisnis bebek peking masih banyak memiliki peluang, karena melihat dari perawatannya dan perlengkapan ternak tidak serumit bebek biasanya.

Hewan omnivora pada bebek peking yang bisa memakan ikan dan sayuran, sehingga membuat para pembisnis memiliki ketertarikan kuat dan berikut analisanya yaitu:

Perhatikan Prospek dan Persaingan

Bebek peking memang terkenal dengan jenis bebek yang paling nikmat untuk konsumsi, tapi pada saat ini supermarket hanya menyajikan bebek peking impor.

Kenapa supermarket masih berupa impor? Karena, para peternak lokal bebek peking tidak mampu memenuhi pasokan pesanan yang terus meningkat dalam jumlah banyak.

Peternakan bebek peking saat ini mungkin tetap kalah besar dengan bebek Indian Runner atau itik albino, yaitu berlokasi pada daerah Tegal, Magelang, Mojosari dan kepulauan Bali.

Munculnya perusahaan ayam broiler yang baru-baru ini memasukkan bebek peking ke dalam bisnisnya, lalu mulailah mengajak peternak lokal untuk bermitra.

Peluang tersebut juga mengajak peternak bebek dalam perorangan, agar berskala besar dan baru terdapat dua perusahaan yang mengajak peternak kecil untuk bekerjasama.

Bekerjasama tersebut menghasilkan peluang yang kemungkinan besar memunculkan para wirausaha perorangan, tapi dalam skala sangat besar untuk memenuhi para konsumen.

Cina dan Amerika melakukan eksplor ilegal bebek peking ke Indonesia sebanyak 350.403 kg dan jumlah tersebut dari setiap tahun menurun, karena munculnya peternak-peternak lokal.

Tata Cara Ternak yang Baik

Para peternak bebek harus bisa menghasilkan bebek dengan daging yang tebal dan segar, karena untuk memenuhi kriteria pasar.

Pengamatan unggas dari IPB Dr. Peni S. Hardjosworo, yaitu menyuruh agar para peternak memperhatikan dalam pemilihan bebek peking yang berproduksi bagus.

Baca Juga : Tips Memilih Kandang Bebek Terbaik

Peternak harus menggunakan bibit berkualitas agar menghasilkan bebek peking yang masuk kedalam kriteria pasar, maka pilihlah DOD berbobot 6 gr dalam umur 1 hari.

Bobot juga penting dalam pemilihan bibit berkualitas dan perhatikan perilaku DOD (Day Old Duck) yang bergerak lincah, berisnting kuat, kedua mata melek, berbulu bagus dan bertekstur kering.

Indukan yang berkualitas pasti memiliki DOD yang berkualitas, maka dalam perkawinannya harus berumur lebih dari 1 tahun untuk jantan ataupun betina.

Perkawinan ideal pada bebek peking yaitu 1:5, lalu dalam pemberian makan 3x dalam sehari memiliki takaran yang harus habis dalam jangka waktu 1 jam.

Komposisi pakannya harus mengandung kadar protein sekitar 18-20% dan seimbang dengan kandungan kapur, agar tetap terjaga kesehatannya.

Berikan pakan dari pabrik ataupun bisa mencampurkan jagung, dedak atau menir, ikan dan jangan pernah memberikan makanan eceng gondok yang bisa menyebabkan kematian.

Bebek yang berproduksi harus memiliki suhu optimal sekitar 20-32 derajat celsius, karena jika terlalu panas akan berpengaruh pada nafsu makannya dan bahkan hilang.

Strategi terbaik pemberian makan, yaitu berilah pakan lebih banyak pada pagi dan sore hari dan berikan minum menggunakan air sumur yang tidak mengandung kaporit.

Bagi Pemula

Bagi pemula yang ingin belajar bisa mulai dengan membeli 200 ekor DOD saja, tapi harus mengerti cara perawatannya dan tingkah laku bebek peking tersebut.

Para peternak bebek menyimpulkan dalam usaha pembesaran bebek paking jauh lebih gampang, daripada usaha pembibitan yang akan menyangkut kualitas induknya.

Kualitas telur akan berpengaruh jika sang induk mengalami stress pada saat bertelur, karena sangat memerlukan ketenangan untuk menghasilkan telur yang berkualitas.

Untuk pemula, pemilihan dod bebek harus terbaik. Rekomendasi kami menggunakan bebek gunsi maupun PPM yang sudah banyak review bagus untuk pertumbuhan.

Perhatikan Pemasaran

Marketing untuk peluang bisnis bebek peking

pemasaran bebek peking memang lumayan tinggi, yaitu terlihat dari DOD nya saja bisa mencapai 10-15 ribu/ekor yang akan membuat peluang bisnis bebek peking besar.

Bebek peking dewasa hidup sekitar 25-30 ribu/ekor dan karkas bebek 35-39 ribu/ekor, lalu dalam pemasaran harus melakukan pendataan terlebih dahulu.

Pendataan bisa pada rumah makan, hotel dan resto yang menyediakan berbagai jenis hidangan bebek dan lakukan pendataan ke pegawai dari rumah makan tersebut.

Carilah informasi mulai dari siapa yang memasok bebek pekis selama ini, kenapa menggunakan pihak itu, dan memiliki kelemahan seperti apa pihak memasok tersebut.

Mulailah memperkenalkan bebek peking dengan mengutarakan kelebihan, setelah mengetahui kelemahan dari pihak pesaing tersebut agar rumah makan, resto dan hotel memiliki ketertarikan.

Pemasokkan kedalam rumah maka, hotel dan resto sukses mulailah menargetkan untuk ke supermarket tapi harus menyetujui banyak biaya dalam pengemasan bebek tersebut.

Pembibitan akan Lebih Untung

Bibit bebek hibrida peking

Peluang bisnis bebek peking memang besar, tapi itu semua tergantung kepada pembibitan awal atau penggunaan DOD yang berkualitas.

Pengusaha bebek peking dari hasil survei lapangan menyatakan, bahwa keuntungan usaha pembibitan DOD akan jauh lebih besar daripada pembesaran bebek peking yang siap jual.

Terlihat dari jumlah DOD pembibitan yang membutuhkannya begitu banyak, lalu umur siap jual akan jauh lebih cepat dan jumlah pakan juga lebih sedikit daripada usaha pembesaran.

Kesimpulan

Pembibitan akan jauh lebih untung, karena sebanding dengan proses mencari indukan yang berkualitas dan perhatikan umur jantan maupun betina.

Bebek peking bisa menjadi peluang bisnis yang cukup besar, karena jika melihat dari segi ekonomi saja memiliki potensi sangat besar.

Tertarik? Pertama yang harus diperhatikan adalah prospek dan persaingan, agar bisa mendapatkan peluang cukup besar dan memberikan kelebihan dari pesaing-pesaing lainnya.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *