Bebek Hibrida, Bebek Pedaging Mencapai Bobot 2,5 Kg 2021

Bebek Hibrida, Bebek Pedaging Mencapai Bobot 2,5 Kg

Bebek pedaging adalah salah satu jenis unggas yang memiliki dua fungsi, yaitu bisa dijadikan sebagai penghasil telur dan penghasil daging atau bebek pedaging yang membuat banyak masyarakat terjun kedalam dunia peternakan untuk mengembangkan usaha budidaya dan peternak pemula harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bebek hibrida.

Masa pertumbuhan bebek pedaging yang dijadikan sebagai bebek pedaging cukup cepat yang memiliki masa panen selama 45 hari saja, lalu bobot yang dimiliki bebek pedaging ini cukup tinggi dengan waktu yang singkat mulai dari 1,1 – 1,5 kg untuk setiap ekornya dan bobot tersebut dapat menentukan keberhasilan peternak dalam memeliharanya.

Keberhasilan para peternak yang memelihara bebek pedaging ini tentunya harus memberikan sistem pemeliharaan yang baik dan sesuai kebutuhan bebek, karena untuk menghasilkan bobot yang tinggi peternak harus memilih DOC bebek berkualitas dan mari simak penjelasa berikut mengenal lebih dalam apa itu bebek hibrida?

Apa Itu Bebek Hibrida?

Jenis bebek yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai bebek penghasil telur dan bebek pedaging dan jenis bebek pedaging masih menjadi keturunan dari bebek peking yang ingin menghasilkan DOD bebek hibrida berkualitas diperlukan proses persilangan.

Proses persilangan tersebut berasal dari pejantan bebek peking dan betina bebek mojosari, sehingga hasil dari persilangan tersebut untuk bebek pedaging hibrida sering disebut dengan bebek PMp yang memiliki masa pertumbuhan lebih cepat jika dibandingkan dengan bebek lokal yang membuat peternak harus mengetahui apa itu bebek pedaging.

Pada dunia peternakan dalam memelihara bebek pedaging khusunya untuk pedaging yang memiliki masa panen cukup singkat membuatnya banyak diminati oleh masyarakat, selain itu juga bebek hibrida dapa menghasilkan telur yang sudah dikembangkan oleh para peternak dan berikut penjelasan kedua jenis bebek hibrida yaitu:

Bebek Hibrida Pedaging (Super Jumbo)

Bebek Gunsi, Salah satu bebek super jumbo

Bebek Pedaging yang super jumbo ini adalah jenis terbaru yang saat ini cukup banyak terdapat di Cirebon, yaitu jenis bebek pedaging yang dapat dipanen pada saat usia 40 hari dengan bobo sekitar 1,5-18 kg untuk per ekor tapi banyak masyarakan yang tidak mengenal tentang kelebihan bebek pedaging super jumbo.


Baca Juga

Bebek Gunsi, Salah Satu Bebek Hibrida Terbaik

Cara Mudah Fermentasi Menggunakan EM4

Masa pertumbuhan yang begitu cepat bebek hibrida super jumbo ini membutuhkan pakan sekitar 120 gram/ekor/hari untuk bebek yang berusia 25 hari, maka dengan berjalannya waktu bebek pedaging jenis ini cukup banyak diminati untuk harga DOD bebek hibrida super jumbo sekitar Rp 6000 per ekor yang memiliki ciri-ciri antara lain:

Ciri-ciri Bebek Hibrida Super Jumbo

  • Memiliki warna coklat kemerahan
  • Terdapat bintik-bintik coklat gelap dibagian dada dan perut
  • Bulu berwarna putih terletak diatas mata yang hampir menyerupai alis
  • Memiliki paruh dan kaki yang berwarna hitam
  • Badannya yang berbentuk memanjang seperti botol
  • Masa panen hanya perlu 40 hari
  • Kenaikan bobot lebih cepat sekitar 1,5-1,8 per ekor

Bebek Hibrida Petelur

Bebek hibrida petelur dalam waktu 6 bulan

Bebek pedaging ini penghasil telur memiliki 2 jenis yaitu Hibrida Ratu dan Hibrida Raja yang pada umumnya bebek pedaging jantan dijadikan bebek potong yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu untuk bebek hibirda betina dijadikan bebek petelur unggul dan setelah peternak mengetahui apa itu bebek hibrida dapat membedakan kedua fungsi dari bebek pedaging.

Proses perteluran pada bebek pedaging jenis ini dalam kurun waktu satu tahun dapat memproduksi telur setelah berumur 5,5-6 bulan dengan jumlah telur mencapai 250 butir per ekor, lalu telur yang dihasilkan memiliki bobot hampir 70 gram/butir dan warna pada telurnya sedikit berbeda yang berwarna sedikit keputihan.

Para peternak bebek pedaging penghasil telur biasanya dimanfaatkan untuk ditetaskan kembali, tapi banyak juga peternak yang menyediakan telur bebek hibrida untuk dijadikan telur konsumsi dan untuk harga DOD bebek hibrida petelur khusus daerah Pulau Jawa sekitar Rp 5.700 – Rp 6000 yang tergantung dari jumlah pemesanan.

Proses pemeliharaan bebek pedaging petelur hampir sama dengan bebek pedaging, tapi juga tetap memiliki perbedaan yang terletak pada pembuatan kandang untuk petelur diarea kandang harus terdapat kolam dan untuk bebek hibrida pedaging tidak perlu adanya kolam didalam kandang.

Cara Menghasilkan Telur Bebek Hibrida Tetas

Telur bebek hibrida super

Cara menghasilkan telur bebek hibrida khusus penghasil telur agar dapat ditetaskan, maka sangat diperlukan adanya pembuahan dari bebek pedaging jenis jantan dan jika tidak bebek hibrida betina tidak akan menghasilkan telur untuk ditetaskan yang ada hanya menghasilkan telur konsumsi.

Tata cara pertama yang harus dilakukan peternak adalah memberikan satu ruangan khusus untuk bebek betina dan jantan, karena hal ini akan terjadinya pembuahan telur yang dapat ditetaskan dan juga bisa menjadi telur konsumsi yang mengandung kandungan vitamin serta juga gizi yang seimbang.

Manfaat Telur Bebek Hibrida

Manfaat telur dari bebek pedaging cukup banyak, karena mengandung protein, lemak, dan karbohidrat serta berbagai macam vitamin mulai dari Vitamin A, Vitamin B12, Vitamin D, Vitamin A, Zat besi, Natrium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu:

  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan sistem imun serta dapat membuang radikal bebas
  • Mencegah keropos nya tulang dan gigi
  • Membantu proses metabolimes tubuh serta pencernaan manusia
  • Membantu tubuh dalam memproduksi hormon
  • Dapat mencerahkan wajah
  • Menghilangkan jerawat dan mengatasi wajah kering
  • Menjaga kesehatan mata serta memperindah mata

Kesimpulan

Itulah manfaat-manfaat yang akan didapatkan jika mengkonsumsi telur bebek hibrida, sehingga dapat memberikan inovasi bagi peternak dalam memelihara bebek pedaging khususnya yang memiliki dua fungsi tapi para peternak dituntut harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bebek pedaging.

Memelihara bebek pedaging kadang ada saja faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas bebek dalam menghasilkan telur ataupun bebek pedaging, yaitu adalah faktor kesehatan serta pakan yang diberikan dapat menunjang produksi telur dan produksi daging yang berkualitas.

Pemeliharaan bebek pedaging super jumbo yang membutuhkan pakan dengan nutrisi seimbang agar menghasilkan bobot sesuai target pasar, tapi untuk DOD bebek hibrida super jumbo saat ini masih sangat terbatas membutuhkan upaya pengembangan bibit untuk itu peternak harus mengenal terlebih dahulu apa itu bebek pedaging.

You May Also Like

About the Author: endah amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *