Rahasia Ternak Bebek Peking

Bebek Peking adalah bebek pedaging atau bebek potong dengan pertumbuhan sangat cepat. Karena itu usaha budidaya ternak bebek peking ini sangat prospektif. Kebutuhan akan daging bebek pada pengusaha kuliner sangat besar. Ciri khas bebek peking adalah warna bulu putih mirip entok atau mentok.Bebek Peking (bahasa Mandarin: pinyin: beijing kaoya) adalah makanan tradisional di Tiongkok yang berasal dari Beijing. Makanan bebek Peking ini juga ditemui di Taiwan, dibawa oleh pemerintahan nasionalis Kuomintang yang kalah perang saudara dan mundur ke Taiwan tahun 1949. Oleh karena itu tidak heran jika para peternak bebek peking di Indonesia menyiapkan strategi khusus dalam budidaya bebek peking dalam menghadapi perayaan tahun baru Imlek.

 

Contoh usaha rumahan yang mudah adalah beternak bebek peking. Banyak tutorial bagaimana cara ternak bebek peking telur atau daging agar cepat besar yang bertebaran di internet, atau anda langsung mengunjungi para peternak bebek yang sukses untuk bertanya tanya cara sukses memelihara bebek atau itik ini. karena permintaan pasar yang semakin tinggi dari telur dan juga daging bebek ini, membuat bisnis membesarkan bebek menjadi sangat potensial. Cara budidaya bebek agar cepat besar akan kami ulas pada artikel di bawah ini nantinya, jadi simak sampai tuntas agar setelah membaca artikel ini anda bisa langsung mempraktekan bagaimana budidaya bebek yang baik agar cepat gemuk dan besar.

Cara Ternak Bebek Peking

Pertumbuhan bebek peking sangat cepat, lebih cepat dari pertumbuhan ayam. Jika bebek peking sudah berumur satu bulan, bobot mencapai 1,5 kg dan akan dua kali lipat jika umur sudah 2 bulan. Sebagai perbandingan, Jika berat ayam potong dengan umur yang sama hanya sekitar 1kg sampai 2 kg saja. Bebek peking lebih tahan dari serangan penyakit di banding unggas lain. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk ternak bebek peking sangat sederhana, baik dari kandang maupun alat-alat lain. Bahkan bebek peking dapat hidup di alam terbuka dengan penutup seadanya.

Makanan bebek peking dapat dicarikan di sekitar rumah, misal di area persawahan. Seperti cacing, ikan kecil dari sungai dan jenis tumbuhan lain seperti jenis kangkung dan lain-lain. Bebek atau itik sangat suka bergerombol sehingga sangat mudah untuk digembala. Bebek peking dan unggas air lain tidak mempunyai sifat kanibal atau tidak suka berkelahi beda dengan ayam. Selain daging dan telur, bulu bebek juga bisa menjadi penghasilan tambahan. Telur bebek lebih berharga dengan hitungan perbutir sedangkan telur ayam di hitung satuan kg. Bebek harganya lebih stabil terutama telur dibanding dengan ayam.

Pembibitan Bebek Peking

Cara Ternak bebek peking meliputi pembibitan, penggemukan, dan tenak yang secara khusus berorientasi pada telurnya. Pembahasan kali ini kami khususkan pada cara budidaya penggemukan itik peking. Ilmu cara ternak bebek peking tak jauh beda dengan itik biasa. Dalam memilih anakan bebek yang bagus sangat penting, karena jika masa kecilnya kurang baik pada waktu besar kemungkinan juga tidak baik. Jika anda beternak bebek potong yang diambil daginya sebaiknya anda memilih bibit yang jantan. Memilih benih jantan menjadi salah satu kunci sukes budidaya bebek pedaging karena bebek jantan sangat cepat untuk dibesarkan jka dibandingkan dengan bebek betina.

Harga bebek jantan juga lebih murah. Budidaya bebek peking tentunya dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Karena itu, pada budidaya bebek peking, terdapat tiga tahapan pembibitan yaitu tahap pemeliharaan anakan, tahap pemeliharaan masa pertumbuhan dan tahap pemeliharaan pada masa bertelur. Tahap pemeliharaan anakan dilakukan pada bebek yang berusia 1 sampai 60 hari. Pada tahap ini, bebek peking anakan harus dipisahkan dengan bebek peking dewasa dan juga diberi penghangat, seperti bola lampu misalnya.

Pada tahap ini, bebek diberi makanan khusus yang mempunyai kandungan protein sebesar 19% sampai 21%. Pada tahap pemeliharaan masa pertumbuhan yaitu 61 hingga 150 hari, bibit pengganti harus mulai dipersiapkan dengan memilih bebek jantan dan betina yang memiliki ciri bibit unggul. Tahapan pemeliharaan masa bertelur dilakukan saat bebek sudah berusia lebih dari 5 bulan. Pada tahap ini bebek ditempatkan pada kandang khusus yang dilengkapi dengan tempat bertelur, kandang umbaran dan kolam agar sesuai dengan habitatnya.

Pemeliharaan Bebek Peking

Budidaya bebek peking dapat dibagi menjadi tiga sistem pemeliharaan yaitu sistem pemeliharaan intensif, semi intensif dan extensife. Sistem pemeliharaan extensif lebih merupakan jenis pemeliharaan traditional yang biasa digunakan penduduk-penduduk pedesaan. Pada sistem pemeliharaan ini bebek peking dipelihara dengan cara digembalakan. Bebek akan dilepas di daerah-daerah yang mempunyai sumber pakan untuk bebek peking. Sedangkan sistem pemeliharaan semi intensif, pemeliharaan bebek sudah menggunakan kandang dan diberi pakan akan tetapi terkadang bebek juga dilepas untuk mencari makanan sendiri.

Sistem ini seperti penggabungan kedua sistem extensif dan intensif. Terakhir, sistem intensif, bebek selalu ditempatkan di dalam kandang dan diberi makan secara teratur tanpa adanya pelepasan di daerah sumber makanan. Seiring perkembangan teknologi, aspek-aspek teknis sudah mulai diterapkan dalam pemeliharaan bebek peking. Sehingga budidaya bebek peking juga sudah menggunakan teknologi-teknologi yang sudah mendukung. Untuk itu bebek peking sebenarnya lebih disaranakan dengan dipelihara dengan metode intensif, akan tetapi semua tergantung pilihan anda. Hal ini lebih dikarenakan bebek peking termasuk jenis bebek pedaging yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat.

Makanan Ternak Bebek Peking

Mencukupi makanan bebek dengan penuh gizi dan berkualitas merupakan faktor penting untuk mempercepat pertumbuhan unggas bebek lebih bongsor. selain mempercepat panen karena sudah besar, pemberian makan yang baik akan menjaga bebek tersebut tahan dari penyakit. Lalu apa saja komposisi makanan yang bagus untuk bebek peking dan bebek biasa? yaitu dedak / bekatul , bekicot + tepung cangkang , tepung jagung , tepung ikan, tepung bulu unggas. Dalam memberikan pakan pada bebek peking, berikut yang perlu diperhatikan:

  • Pemberian pakan pada umur 1 sampai 7 hari dilakukan dengan sering namun dengan jumlah yang sedikit demi sedikit atau 1 hari bisa sampai 5 kali. Ini untuk merangsang bebek agar mau makan terus menerus sejak awal. Perlakuan ini juga dimaksudkan untuk dapat memantau kondisi bebek. Pakan bisa dari pabrik yang sesuai dengan standar seperti 511/BR atau sejenisnya.
  • Pada umur 15 hari dan seterusnya sampai masa panen, kita bisa beri pakan campuran. Perbandinganya, 40 % konsentrat dan 60 % buatan sendiri. Lalu difermentasi menggunakan probitik SOC HSC. Pemberian pakan 3 kali dalam 1 hari.
  • Selama bebek diberi pakan konsentrat, untuk minum diberikan 2,5 ml SOC dicampur dengan 5 liter air.

Kandang Ternak Bebek Peking

Seperti sudah diketahui ternak bebek peking sangat menguntungkan. Kentungan atau kelebihan ternak bebek peking diantaranya, pertumbuhan cepat, bebek peking lebih kuat terhadap serangan penyakit dibanding dengan jenis bebek lain. Ternak bebek peking dari segi peralatan juga tidak sulit. Masih banyak kentungan lain, baca keuntungan ternak bebek peking. Kembali ke kandang, ada beberapa pilihan kandang kalau Andari ingin budidaya bebek peking. Berikut ini kami kutip dari berbagai sumber tata cara ternak bebek peking yang sudah melaksanakan dan berhasil. Andari boleh pilih yang mana cocok dengan kondisi usaha masing-masing.

3 Kandang bebek peking dapat jadi pilihan untuk budidaya. Agar hasil maksimal ternak bebek peking perlu menentukan kandang yang tepat dengan kondisi masing-masing peternak. Seperti sudah diketahui ternak bebek peking sangat menguntungkan. Kentungana atau kelebihan ternak bebek peking diantaranya, pertumbuhan cepat, bebek peking lebih kuat terhadap serangan penyakit dibanding dengan jenis bebek lain. Ternak bebek peking dari segi peralatan juga tidak sulit. Masih banyak kentungan lain, baca keuntungan ternak bebek peking. Ada beberapa pilihan kandang kalau Anda ingin budidaya bebek peking. Berikut ini kami kutip dari berbagai sumber tata cara ternak bebek peking yang sudah melaksanakan dan berhasil.

1. Kandang battery
Pilihan pertama kandang dengan ukuran 45 x 45 x 35 cm. Dimana kandang type seperti ini bebek dalam kandang terdiri dari 1 kandang 1 ekor ekor bebek dewasa. Type kandang seperti ini bebek dapat dikontrol lebih teliti dan mudah. Andari lebih mudah mencek dan mengontrol kesehatan ternak satu persatu. Dengan demikian menghindari penyakit juga lebih mudah. Selain itu juga lebih mudah melihat pertumbuhan bebek seperti berat badan dll. Lebih tepat menilai produktifitas telur masing-masing ternak. Hanya saja kekurangan dari type ini adalah biaya yang dikeluarkan lebih tinggi dibanding dengan type kandang lain, karena harus membeli bahan lebih banyak.

2. Kandang postal
Usaha ternak bebek peking juga dapat dilakukan dengan kandang postal. Kandang postal adalah dimana bebek peking ditempatkan dalam 1 kandang besar dengan jumlah tertentu. Kapasitas bebek dalam 1 kandang tergantung dari peruntukkan kandang. Peruntukan kandang bisa untuk ternak bebek starter, ternak bebek grower atau untuk ternak bebek layer. Ternak untuk bebek starter adalah bebek umur 1 hari sampai 60 hari, kapasitas dalam 1 kandang bisa 10 – 15 ekor / m2.

Ternak untuk bebek grower adalah bebek umur 61 hari sampai 150 hari dengan kapasitas 6 – 8 ekor / m2. Ternak untuk bebek layer adalah bebek masuk masa bertelur umur 5 bulan atau lebih, kapasitas dalam satu kandang 3 – 5 ekor / m2. Kandang type seperti ini makanan dan minuman ditempatkan dalam 1 tempat 1 ruangan. Ternak dipelihara dalam satu ruangan. Kandang seperti ini lebih diperuntukkan untuk pemeliharaan bebek starter dan grower tapi tidak tertutup kemungkinan untuk bebek layer. Lebih jauh pemeliharaan bebek starter grower layer baca cara perawatan bebek peking

3. Kandang ranch
Kandang ranch adalah pengembangan dari kandang postal. Kandang ranch terdiri dari ruangan tempat ternak dan di bagian luar halaman depan ada tempat bermain, biasa disebut degan kandang umbaran. Kandang umbaran dilengkapi dengan saluran air atau kolam, berfungsi sebagai tempat mandi, membersihkan kotoran menempel pada badan bebek. Juga berfungsi sebagai pendingin tubuh bebek waktu siang hari karena bebek peking tidak tahan terhadap panas. Maka kolam sangat berguna bagi mereka.

 

Cara Perawatan Lengkap Bebek Peking

Cara perawatan bebek peking yang baik sangat penting pada keberhasilan usaha peternak bebek. Pola pemeliharaan bebek peking secara intensif menjadi pilihan utama. Namun pengetahuan tentang cara merawat bebek peking tidak semua peternak dapat melakukannya dengan baik. Merawat bebek mulai dari usia DOD sampai dewasa mempunyai teknik dan gaya tersendiri. Perawatan ternak bebek peking dapat dibagi menjadi 3 yaitu mulai dari fase starter, fase pertumbuhan dan fase layer / bertelur. Mau tahu? Coba dilihat satu persatu seperti dibawah ini.

Perawatan Ternak Anak Bebek Peking ( fase stater )

Perawat anak mulai dari Itik Peking berumur 1 hari sampai umur 60 hari. Pada masa ini anak Itik dipelihara dalam kandang khusus memakai pemanas / induk buatan karena pada umur 1 – 14 hari anak itik tidak tahan dengan cuaca dingin karena belum tumbuh bulu merata di seluruh tubuh. Untuk pakan anak bebek diberi makan khusus yaitu pakan anak mempunyai kandungan protein sekitar 19 – 21 % kadar protein dan lebih dikenal dengan makanan “Starter”.

Kandang boleh dalam bentuk postal ataupun menggunakan kandang Box. Kalau kandang Box gunakan pada umur 1 – 14 hari sedangkan dari umur 15 – 60 hari gunakan kandang postal karena anak bebek sudah mulai besar .Kapasitas kandang pada periode ini sekitar 10 – 15 ekor / m2. Setelah umur 14 hari anak Itik Peking tersebut sudah mampu menahan hawa dingin sehingga tidak perlu lagi dibantu dengan  pemanas. Penempatan dikandang bisa dipelihara sampai umur 60 hari untuk pemeliharaan pembibitan, selanjutnya setelah umur 60 hari bebek dipindah ke kandang masa pertumbuhan (Grower). Kalau untuk membuat bebek potong sama besar dimulai juga dari umur 0. Lebih jauh melihat cara menghasilkan bebek potong sama besar.

Perawatan Ternak Bebek Peking Masa Pertumbuhan (Grower )

Periode perawatan Bebek Peking pada masa pertumbuhan perlu memperhatikan bebek yang dipelihara, karena pada masa ini sedang memelihara Itik Peking betina yang nantinya sebagai pengganti bibit dan Bebek Peking pejantan pengganti. Untuk bibit pengganti dipilih yang punyai keunggulan, baik jantan maupun betina dengan sex ratio 1 : 4 (1 Jantan 4 betina). Pada periode ini Itik yang dipelihara berumur antara 61 hari sampai dengan 150 hari, sedangkan kapasitas kandang pada masa ini sekitar 6 – 8 ekor/m2.

Pemeliharaan Perawatan Bebek Peking Masa Bertelur ( Bertelur )

Bebek Peking berumur 5 bulan atau lebih baik bebek jantan maupun betina dapat dikatakan sebagai Itik Layer karena pada masa ini fisik Itik sudah bersiap-siap memproduksi telur. Masa bertelur mulai umur 5,5 bulan atau 6 bulan, tetapi secara umum masa mulai bertelur normal pada umur 6 bulan. Bebek ini ditempatkan pada kandang khusus yaitu kandang Itik dewasa. Kadang Itik dewasa dilengkapi dengan tempat bertelur serta kandang umbaran atau lapangan tempat bermain. Kadang juga dilengkapi dengan kolam atau saluran air yang berfungsi untuk mandi Itik dan mendinginkan tubuh pada saat siang hari. Perbandingan jantan dengan betina 1 : 4 (1 jantan 4 betina).

Kandungan Gizi Pada Bebek Peking

Seperti halnya unggas lainnya, daging bebek pun merupakan sumber protein hewani yang baik. Dalam tiap 100 gram daging bebek panggang tanpa kulit mengandung 23,5 gram protein atau mencukupi sekitar 47% kebutuhan protein harian Anda. Daging bebek memiliki kandungan lemak sehat. Komposisi lemak pada daging bebek mengandung 35,7% lemak jenuh, 50,5% lemak tak jenuh tunggal (tinggi dalam asam linoleat) dan 13,7% lemak tak jenuh ganda (yang mengandung lemak esensial Omega 6 dan Omega 3). Jadi, selama dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, daging bebek akan cukup memasok lemak sehat bagi tubuh Anda.

Dalam 3.5 oz (atau setara dengan satu ons) daging ayam segar bagian dada mengandung 172 kalori. Sedangkan daging bebek mengandung 211 kalori. Daging bebek memiliki zat besi yang tinggi hingga mampu memenuhi sekitar 50% kebutuhan harian zat besi dalam tubuh orang dewasa. Sedangkan daging ayam hanya memenuhi sekitar 9% dari kebutuhan harian. Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin dan regenerasi sel darah merah. Zat fosfor juga diperlukan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel tulang dan gigi. Satu porsi daging ayam mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan zat fosfor sebanyak 25% dan bebek memenuhi hingga 36% kebutuhan fosfor harian pada manusia dewasa.

Ternak Bebek Peking

One thought on “Ternak Bebek Peking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *